Sukses

2 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Membuatmu Pendek Umur

Liputan6.com, Jakarta Semua orang mungkin ingin memiliki umur panjang dan bisa menikmati kehidupan lebih lama. Namun sayangnya, keinginan ini tidak dibarengi dengan pola hidup sehat dan melakukan kebiasaan yang justru bisa membahayakan tubuh. Tanpa disadari beberapa kebiasaan berikut ini bisa membuat anda pendek umur.

1. Tidur Menghadap ke Kiri

Saat tidur, kita memang tidak sadar apakah menghadap ke kiri atau kanan. Namun sebaiknya anda mulai membiasakan diri untuk tidur menghadap ke kanan. Siapa sangka tidur menghadap ke kiri bisa membuat anda pendek umur. Para ahli dari University health Service of Michigan menjelaskan bahwa tidur menghadap ke kiri bisa membuat jantung anda terbebani organ lain, ini karena posisi jantung yang kita miliki ternyata lebih condong kearah kiri.  Dengan posisi tidur menghadap kiri, maka akan membuat jantung menerima aliran darah yang deras dan berlebih. Jantung berdenyut lebih cepat, padahal organ ini butuh istirahat saat kita tidur.

Selain membebani jantung, tidur menghadap kiri juga bisa membebani paru-paru. Sama halnya dengan jantung, organ paru-paru sebelah kiri ternyata lebih kecil daripada sebelah kanan. Sehingga dengan tidur menghadap kanan, paru-paru anda bisa bernafas dengan nyaman dan membuat organ ini lebih sehat.

2.    Sering Minum Soda dan Makan Olahan Daging

Anda penggemar minuman bersoda dan daging olahan seperti sosis dan bakso? Jika iya, sebaiknya anda mulai mengurangi kebiasaan memakan makanan tersebut. Studi yang diterbitkan oleh American Journal of Public Health yang melibatkan 5.309 orang dewasa ini menemukan bahwa mengkonsumsi soda berarti mempercepat proses penuaan hingga 4,5 tahun. Selain itu, sering mengkonsumsi soda juga berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Selain itu, sebuah studi yang tercatat di American Journal of Clinical Nutrition, menemukan efek telomere pada olahan daging. Orang yang mengkonsumsi satu porsi olahan daging setiap minggu memiliki telomere yang pendek daripada mereka yang tidak makan daging olahan. Perlu diketahui, bahwa telomere merupakan bagian paling ujung DNA linear yang membuat sel beregenerasi. Jika sel DNA terlalu pendek maka akan berhenti untuk membelah diri, sehingga membuat anda lebih tua.

Penulis :

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Badan Makin Kurus dan Demam, Anda Mungkin Kena Penyakit Ini
Artikel Selanjutnya
Risiko Ortu Bercerai, Anak Juga Bakal Alami Kegagalan Pernikahan?