Sukses

Waspada, Pakai Headphone Berlebihan Timbulkan Jerawat di Telinga

Liputan6.com, Jakarta - Munculnya komedo maupun jerawat pada kulit, khususnya di bagian wajah memang menjadi masalah besar bagi banyak orang. Selain karena hormon dan genetika, kebiasaan sehari-hari juga bisa membuat iritasi pada kulit.

Biasanya komedo muncul di wajah, terutama hidung dan dagu. Namun, tahukah kamu ternyata komedo juga bisa terbentuk di dalam telinga?

Seorang dokter baru-baru ini memperingatkan bahwa memakai headphone untuk waktu yang lama bisa menyebabkan pembentukan komedo di telinga.

Meski mendengarkan musik bisa membantu kamu melepas stres, kebiasaan menggunakan headphone secara berlebihan bisa mengganggu kulit dan menimbulkan komedo di telinga kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Solusinya

Melansir Elitereaders, Kamis (14/12/2017), dalam sebuah video berjudul "The Doctors," menunjukkan bahwa bagian luar telinga mengandung banyak kelenjar sebaceous seperti hidung dan dagu. Kelenjar sebaceous ini bertanggung jawab untuk mensekresikan minyak yang dapat menyebabkan komedo.

Untuk menghindari adanya komedo pada telingamu, coba biasakan rutin membersihkan kulit bagian luar telinga atau daun telinga untuk memastikan pori-pori tidak tersumbat. Selain itu, batasi penggunaan headphone, apalagi headhone yang tidak dibersihkan secara teratur untuk mengurangi iritasi kulit.

3 dari 3 halaman

Proses Keluarkan Komedo dari Telinga

Sebuah video yang memperlihatkan komedo besar dikeluarkan dari daun telinga baru-baru ini beredar hingga viral di media sosial. Komedo yang menyumbat pori-pori itu ternyata menumpuk setelah dikeluarkan.

Awalnya, komedo yang dikeluarkan dari kulit berlubang hanya berupa serpihan. Namun, pada menit-menit akhir, terdapat komedo hitam yang cukup besar. Banyak warganet yang tidak menyangka jika sebuah komedo dapat bersarang di telinga.

Banyak orang memang merasa kesulitan untuk menangani masalah jerawat ataupun komedo. Maka tak heran jika segelintir orang memutuskan menggunakan bantuan ahli untuk menangani masalah tersebut.

(Ul)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.