Sukses

Bocah Pemulung dan Penjual Tisu yang Rajin Membaca Sambil Bekerja

Minat baca anak saat ini dituduh berkurang karena tergerus kemajuan teknologi. Dua foto ini membuktikan masih ada minat membaca pada anak.

Liputan6.com, Jakarta Minat membaca buku di kalangan anak-anak sekarang ini disebut-sebut makin lama kian menurun. Munculnya gawai pada kemajuan teknologi, disalahkan sebagai hal penggeser posisi buku yang seharusnya lebih sering di baca oleh anak-anak. 

Akan tetapi, benarkah anggapan bahwa anak-anak kini sudah kian malas membaca?

Selain menyentuh hati, kedua bocah yang menyempatkan waktunya untuk membaca buku ternyata menarik tanggapan dari banyak orang.

Kedua bocah dalam foto ini mampu menunjukkan bahwa minat membaca pada kalangan anak-anak sebenarnya masih ada.

Hal yang membuat terenyuh adalah kedua anak itu bukan berasal dari keluarga yang mapan. Mereka menyempatkan diri untuk membaca buku di sela-sela waktu mereka bekerja di jalan.

Anak pertama yang menarik warganet baru-baru ini diunggah oleh akun Twitter Nirwan Ahmad Arsuka (@art_suka) pada Sabtu (9/12/2017) yang lalu.

Foto yang diunggahnya merupakan dokumentasi dari kegiatan relawan Pustaka Nafas atau perpustakaan jalanan di Kota Purworejo.

Foto itu menunjukkan seorang anak pemulung tertarik untuk membaca buku-buku yang dijajakan oleh perpustakaan relawan Pustaka Nafas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minat baca bocah penjual tisu

Ada juga anak lainnya yang menarik perhatian warganet. Hal ini dikabarkan oleh akun Instagram @Kemas_intizham pada Agustus 2017 di Jambi.

 

 

Andai banyak anak seperti ini: pekerja keras dan suka baca. Anak ini keliling berjualan tisu. Ia mampir ke lapak kami. Lalu meminjam buku. Setelah memegang satu buku dan membaca beberapa halaman, ia mengatakan bahwa ia tertarik dengan buku yang ia pegang. Kami bertukar barang. Ia meminjam satu buku milik kami. Kami membeli tiga bungkus tisu yang ia jual. Ia pamit mau lanjut berjualan. Sekitar dua jam setelah ia pergi dari lapak kami, ia lewat lagi di lapak kami. Kini ia hanya menjinjing satu kresek hitam tisu. Sebelumnya ada dua kresek. Artinya, dagangannya telah laku separuh. Lalu ia bilang: "Bang, bukunya sudah selesai saya baca. Besok boleh pinjam lagi, ya." Berarti, ia berjualan sambil mencuri waktu membaca. Saya yakin ia benar membaca. Sebab, saya beberapa kali bertanya kepadanya tentang isi buku itu. Ia bisa menjawabnya.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kemas Muhammad Intizham (@kemas_intizham) pada

Bocah yang ia sempat foto ternyata sedang berkeliling berjualan tisu. Ia mampir sebentar ke lapak buku dan tertarik pada satu buku yang akan ia baca.

Ternyata anak itu menunjukkan minat yang besar untuk membaca. Dia sempat mengutarakan keinginanya untuk meminjam kembali buku di lapak itu.

Menurut pernyataan Kemas di Instagram, ia juga sempat menanyakan tentang isi buku yang dipinjam oleh bocah tersebut. Hal ini tanyakan untuk memastikan kebenaran apakah buku itu benar dibaca atau tidak. Bocah itu benar-benar bisa menjawab dan menjelaskan isi buku itu.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Tanggapan warganet

Munculnya foto kedua bocah yang masih memiliki minat membaca ternyata disikapi dengan bebagai macam tanggapan oleh warganet. Berikut tanggapan mereka.

 

"Dari matanya terlihat antusias dan terlihat tekad yang kuat.." komentar Ryan Perdana

"Ya Ampun tatapan si anak, mau baca banget" sahut Rezcky Seomara.

"Keren sekali mas, semoga anak-anak itu kelak menjadi orang sukses. Salam literasi" tulis Colez Noer.

"Terima kasih sudah peduli pada mereka. Mereka juga anak bangsa, sama dengan yang lain," komentar Prih Suharto.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.