Sukses

Pita hingga Stiker, Ini 5 Cara agar Koper Tak Hilang dan Tertukar

Liputan6.com, Jakarta - Koper memang menjadi salah satu hal yang paling penting saat traveling. Di masa sekarang, semua orang tentu menginginkan koper antihilang.

Saat koper dipakai untuk bepergian, tentunya di dalam bagasi pesawat akan bercampur aduk dengan koper lainnya yang kemungkinan memiliki model, ukuran, dan juga warna yang sama.

Di situlah ada kemungkinan koper kamu akan tertukar. Baik saat penumpang lain mengambilnya ataupun ketika petugas memindahkan dari bagasi pesawat ke dalam bandara.

Untuk itu, penting bagi kita untuk menandakan koper sehingga ketika mengantri di conveyor belt, akan mudah dan cepat untuk mengenalinya sehingga tidak ada kemungkinan tertukar dan diambil orang lain.

Berikut 5 cara mudah agar koper antihilang dan tertukar:

1. Kreasikan tag koper

Di beberapa koper sudah tersedia sebuah tag yang menggantung di bagian atas maupun samping koper. Nah, biasanya tag ini memiliki warna yang senada dengan koper. Jadi perlu dihias lagi supaya mudah dikenali kalau-kalau ada koper yang sama. Tag ini bisa kamu kreasikan menjadi unik, misalnya dililitkan dengan kertas berwarna-warni.

Sedangkan untuk yang tidak memilki tag, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencetaknya di kertas ukuran setengahnya A5, laminating, lalu lubangi dan beri tali atau pita yang kuat.

Untuk informasi yang akan kamu tuliskan di dalam tag, hindari untuk memberi identitas yang terlalu mendetail karena akan membuat kamu dalam ancaman bahaya dari orang yang berniat jahat.

Cukup cantumkan nomor ponsel dan juga alamat email kalau memang ternyata kopermu tertukar. Orang yang mengambilnya tentu bisa dengan mudah menghubungi kamu. Hindari desain tag yang mengandung unsur SARA atau menuai kecurigaan petugas seperti lambang bom atau radioaktif karena justru bisa mengantarkan kamu pada masalah.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pita dan kain perca

Satu lagi cara untuk memberikan identitas agar koper antihilang dan mudah dikenali, yaitu dengan mengikatkan pita dan juga kain perca di bagian pegangan koper.

Kamu juga bisa menggunakan scarf dengan warna mencolok yang mudah dikenali supaya bisa terlihat jelas meskipun kamu melihat dari jarak yang jauh.

Saat meletakkan kain ini, pastikan kamu mengikatkannya dengan kuat dan tidak berisiko lepas dan terjatuh. Kain yang diikatkan juga pastikan tidak tersisa terlalu panjang supaya tidak tersangkut di conveyor belt.

3 dari 5 halaman

3. Koper antihilang dengan sabuk koper

Seiring dengan berkembangnya dunia traveling, ternyata banyak juga inovasi untuk perlengkapan traveling juga bertambah. Nah, salah satunya adalah sabuk koper.

Sabuk koper ini sangat praktis dan bisa jadi pengaman sekaligus karena beberapa sabuk koper juga dilengkapi dengan kunci dengan kata sandi. Kelebihan lainnya, sabuk koper ini memiliki desain unik yang banyak. Dan satu hal lagi, sabuk koper ini bisa melindungi koper dari kotoran dan juga bisa dicuci.

4 dari 5 halaman

4. Buat lebih unik lagi dengan stiker

Kamu termasuk orang yang suka dengan hal unik dan vintage? Nah, pas sekali untuk menghias koper dengan stiker.

Kalau sudah ditempelkan dengan jumlah yang banyak dan semua stiker itu adalah tentang hal-hal favorit kamu, amat kecil kemungkinan koper kamu tertukar atau hilang karena salah diambil orang. Akan sangat mudah sekali untuk mengenali koper yang ditempel banyak stiker karena kebanyakan orang lebih memilih kopernya polos begitu saja.

Sekarang kan banyak model koper vintage yang kemudian ditempelkan stiker untuk memberi kesan personal yang lebih eye catchy. Semisal kamu suka dengan band classic rock, kamu bisa tempelkan stiker wajah personel dengan sentuhan hiasan stiker lainnya.

Oh ya, pastikan kamu memilih stiker yang memiliki perekat kuat, tidak mudah mengelupas dan tahan air. Karena selama perjalanan akan ada kemungkinan koper kamu bergesekkan dengan koper lain saat di troli, kabin, bagasi, dan juga conveyor belt.

5 dari 5 halaman

5. Miliki koper dengan warna dan desain yang unik

Kalau kamu butuh cara yang lebih mudah dan cepat dari cara yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa melakukan langkah ini. Ya, dengan membeli koper berwarna dan desain yang unik dan jarang dimiliki orang lain.

Akan lebih baik lagi kalau bentuknya juga yang tidak umum. Jadi, mungkin bagi yang terbesit niat jahat pun akan segan untuk memilih koper kamu karena identitasnya yang tidak biasa dan mudah dikenali.

Cara ini juga cocok buat kamu yang memang memiliki waktu terbatas dan tidak sempat membuat kreasi di atas. Intinya, yang penting kamu dapat dengan mudah mengenali koper kamu.

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/ini-cara-agar-koper-anti-hilang-dan-tertukar/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.