Sukses

Mengeluh Sakit Jantung, Ternyata Tumor 3 Kg Tumbuh Sejak Bayi

Liputan6.com, Jakarta Derita pria berumur 65 tahun itu akhirnya berakhir setelah tumor diangkat dari tubuhnya. Awalnya, Hemendra Gupta Arya dari Aligarh, Uttar Pradesh selalu mengeluh kesulitan bernapas dan sakit di dada sepanjang hidupnya. Selama beberapa tahun terakhir, ia dianggap memiliki masalah jantung.

Namun, kondisinya makin buruk karena sulit bernapas. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, baru diketahui kalau ia memiliki tumor. Tumor tersebut tumbuh perlahan di tubuhnya sejak lahir hingga berukuran 3 kilogram saat dioperasi.

Tumor yang dikenal sebagai hamartoma itu tumbuh di antara jantung dan paru kirinya. Setelah operasi selama tiga jam di Jawaharlal Nehru Medical College, hamartoma itu akhirnya berhasil diangkat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tumbuh sejak bayi

Menurut dokter bedah Dr Mohammad Haneef Beg, hamartoma tumbuh saat masih bayi dan menjadi tumor karena tak menghilang seusai dilahirkan. Dengan kata lain, pria itu hidup dengan tumor sepanjang hidupnya.

"Tapi ketika kami menemukannya, ukurannya sudah menutupi seluruh dadanya dan beratnya 3 kilogram," ujar Haneef seperti melansir dari Mynewshub.

Lebih jauh, selama ini ia ternyata mengonsumsi obat jantung karena dokter sebelumnya keliru mengidentifikasi penyebab sakit di dadanya. Setelah bertemu dengan dokter di Jawaharlal Nehru Medical College, barulah diketahui apa penyakitnya sebenarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.