Sukses

Terkuak, Maskapai Ini Ungkap Tempat Duduk yang Perlu Dihindari

Ternyata kamu perlu tahu tempat duduk mana saja yang perlu dihindari di pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu yang ditawarkan dengan menikmati perjalanan menggunakan pesawat terbang adalah pemandangan dari atas langit yang memukau. Itulah sebabnya, banyak orang yang rela membayar biaya lebih banyak demi mendapatkan tempat duduk favorit dekat jendela. Namun, kamu juga perlu tahu tempat duduk mana saja yang perlu dihindari.

Beberapa orang terkadang tak menyadari bahwa tempat duduknya ternyata tidak memiliki jendela. Itulah sebabnya lelucon dengan tagar #wheresmywindow menjadi perbincangan viral di media sosial, seperti melansir news.com.au.

Terkadang ada pesawat yang beberapa kursinya tidak memiliki jendela, karena adanya tempat duduk tambahan. Hal tersebut dilakukan demi menambah kapasitas penumpang dan mengesampingkan posisi ideal bagi penumpang untuk berada di sisi yang presisi dengan jendela pesawat.

Agar kamu tidak kecewa, baru-baru ini maskapai penerbangan Virgin Australia mengungkapkan fakta sesungguhnya “window seats” pada pesawat yang tidak memiliki jendela disebabkan karena desain sistem pendingin udara di pesawat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tempat Duduk yang Perlu Dihindari

Jika kamu memang mencari tempat duduk favorit dekat dengan jendela pesawat, maskapai ini menyarankan agar kamu tidak memilih beberapa tempat duduk, diantaranya nomor 9A di pesawat Boeing 737-800, nomor 39A di pesawat Airbus 330-200 dan nomor 21A dan 21K di pesawat Boeing 777-300ER.

Penumpang yang duduk di kursi-kursi tersebut memang akan menjadi penumpang paling merana. Sebabnya penumpang di depan, di belakang dan di seberangnya justru mendapatkan pemandangan dari atas ketinggian karena terdapat jendela.

Virgin Australia menjelaskan, ternyata ada sebuah ruang yang menjadi saluran distribusi angin melalui ventilasi bagian atas. Dan saluran tersebut sialnya memang harus memangkas jendela di badan pesawat. Hal tersebut ternyata sangat lumrah untuk pesawat tipe 737 yang juga digunakan maskapai penerbangan Virgin Australia.

“Saluran-saluran pendingin pesawat mengambil bagian badan pesawat sehingga dapat mengalirkan udara ke ventilasi bagian atas. Sayangnya, saluran tersebut memangkas jendela di bagian kursi no 9A sehingga udara bisa disalurkan ke ventilasi bagian atas,” tutur maskapai itu.

Maskapai asal Australia tersebut menambahkan, bahwa bukan hanya terjadi pada pesawat jenis Boeing saja, beberapa pesawat Airbus pun hampir memiliki desain yang serupa. Jadi, kondisi demikian bukan disebabkan karena antara satu pesawat dengan yang lainnya memiliki desain yang istimewa.

Desain saluran ventilasi udara dalam pesawat tersebut sangatlah umum dan hampir dimiliki oleh semua jenis dengan tipe pesawat yang berbeda-beda.

 

3 dari 3 halaman

Trik Mendapatkan Posisi Duduk Terbaik di Pesawat

Jadi, salah satu triknya jika memang ingin mendapatkan pemandangan terbaik saat menggunakan pesawat terbang, hindarilah beberapa nomor kursi yang sudah disebutkan oleh Virgin Australia untuk beberapa tipe pesawat tertentu.

Tidak semua tempat duduk memiliki nomor yang sama. Dengan tipe yang berbeda, nomor tempat duduk yang perlu dihindarinya pun berbeda juga.

Namun, tempat duduk di dekat jendela tidak sepenuhnya menjadi tempat duduk paling favorit. Beberapa traveler malah menyarankan untuk memilih tempat duduk di bagian lorong pesawat agar lebih mudah keluar masuk ke kamar mandi. Apalagi jika pesawat yang ditumpangi akan menempuh perjalanan lebih dari enam jam.

Bagi orang tua yang membawa anak-anak ataupun manula, juga disarankan untuk lebih memilih tempat duduk di bagian lorong dibandingkan harus memilih tempat duduk di dekat jendela pesawat.

Dengan begitu, akses keluar masuk akan lebih mudah dan tidak bakal mengganggu penumpang yang lain terutama saat mereka tertidur, sedang konsentrasi menonton atau membaca buku.

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/maskapai-ini-ungkap-tempat-duduk-yang-perlu-dihindari/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.