Sukses

Seukuran Anjing, Spesies Sapi Baru Ini Bisa Jadi Hewan Peliharaan

Berkat ukurannya yang kerdil, sapi ini banyak diminati untuk dijadikan hewan peliharaan

Liputan6.com, Jakarta Sapi, merupakan mamalia ternak yang daging dan susunya bisa dimanfaatkan. Banyak orang berternak sapi karena harga dagingnya cukup memuaskan para peternak. Namun kali ini sapi bisa dijadikan hewan peliharaan. Pasalnya, ada sapi seukuran anjing dewasa dan memiliki sifat ceria.

Dustin Pillard (30), adalah peternak yang telah mengembangbiakkan sapi berukuran kecil. Pillard sendiri tumbuh dan besar di kota, yang membuatnya menjadi peternak karena ia sangat sering menghabiskan waktu di peternakan kakeknya.

Pada tahun 1992, saat Pillard menjenjang pendidikan di perguruan tinggi, ia menghadiri sebuah lelang ternak. Di sanalah Pillard melihat dan tertarik dengan seekor sapi berukuran kecil. Pillard sangat terpesona dengan sapi kecil tersebut. Tiga tahun kemudian, Pillard menjadi pemilik sebuah peternakan yang memiliki luas 10 hektare.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sapi Kecil Ini Memiliki Sifat Seperti Anjing

Pria ini langsung membeli lima sapi berukuran kecil dan mulai mengembangbiakkannya. Berkat usaha dan kegigihannya Pillard mampu mengembangkan sapi ini. Pillard mampu memproduksi sapi yang rata-rata tingginya sekitar 84 cm.

Pria ini mampu menjual 10 sampai 20 ekor sapi kecil per tahun. Awalnya, Amerika Utara yang sering memesan sapi kecil ini. Mereka membesarkan sapi ini untuk dijadikan hewan peliharaan.

Namun, sekarang peminat akan sapi ini bertambah. Diketahui, banyak pembeli dari Eropa, Meksiko dan Argentina. Menurut Pillard, sapi kecil ini menyerupai anjing dalam sifatnya.  

"Banyak dari mereka (sapi kecil) memiliki kepribadian seperti seekor anjing. Mereka suka menikmati suasana luar ruangan. Mereka berlarian seperti anjing, mereka menyukai orang-orang, tenang dan ramah. Mereka juga sangat suka diperharikan," ujar Pillard.

3 dari 3 halaman

Siapkan Halaman untuk Membawa Pulang Sapi Ini

Pillard mengklaim bahwa sapi-sapi kecil ini merupakan sapi yang sehat, bahkan saat dijual, mereka memiliki kondisi yang prima.

"Keinginan kami adalah memiliki 25 sampai 30 hewan yang semuanya berada di bawah 90 cm dan beratnya kurang dari 227 kg, yang tentunya memiliki warna yang beragam," kata Pillard.

Jika ingin memiliki sapi ini, tentunya calon pembeli harus memiliki halaman, karena meskipun berukuran kecil, hewan ini tetaplah seperti sapi pada umumnya yang membutuhkan halaman. Jika sudah memiliki halaman, calon pembeli harus menyiapkan uang sebesar 13,5 juta rupiah untuk membawa pulang sapi kecil ini.

Penulis

Reza Sugiharto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.