Sukses

Setop Mencabuti Uban, Ini Bahayanya

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, rambut biasanya mulai kehilangan kadar pigmen, sehingga warnanya mulai berubah menjadi putih, atau biasa kita sebut uban. Uban biasanya membuat kita tidak percaya diri. Tidak heran banyak orang lanjut usia mencabuti uban tersebut. Namun, tahukah Anda jika mencabuti uban sangat berbahaya bagi kesehatan?

Sering mencabuti uban ternyata bisa mengganggu saraf yang terdapat di bawah kulit kepala. Jika uban dicabut secara paksa, maka akan mengganggu kesehatan sistem saraf otak. Sehingga sinyal untuk membentuk pigmen rambut menjadi terganggu. Selain itu, mencabut uban secara paksa juga dapat merusak folikel, akar rambut dan selaput kepala.

1 dari 3 halaman

Akibat Mencabuti Uban

Sering mencabuti uban juga akan mengganggu pertumbuhan rambut. Bagi Anda yang mendambakan rambut panjang dan tebal, maka jangan pernah mencabut uban. Folikel rambut di tempat yang sering dicabut ubannya dapat merasa bahwa pertumbuhan rambut di daerah tersebut sudah tidak diperlukan lagi. 

Hal ini akan menyebabkan terganggunya pertumbuhan rambut dan kerontokan berlebih. Akibatnya, rambut akan semakin tipis dan jumlah uban justru terlihat semakin banyak.

Selain faktor usia, rambut beruban biasanya disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Seperti jarang mencuci rambut, stres berlebih, serta diet yang salah sehingga tubuh justru kekurangan vitamin. Ketika tubuh kekurangan vitamin, maka rambut juga tidak akan mendapatkan asupan vitamin yang cukup, akibatnya produksi melanin berkurang.

2 dari 3 halaman

Solusi Atasi Uban

Solusi terbaiknya kalau memang tidak ingin terlihat di muka umum dengan rambut putihk adalah dengan mewarnai rambut. Tentunya pewarna rambut yang digunakan harus terbuat dari bahan-bahan yang sehat, sehingga tidak menyebabkan alergi pada kulit kepala dan tidak merusak rambut. Namun cara ini jangan terlalu sering Anda lakukan, karena kandungan bahan kimia pada pewarna rambut tetap akan merusak rambut jika digunakan secara berlebihan karena dapat menghambat pembentukan melanin rambut.

Atau, Anda bisa bersahabat dan menerima saja kehadiran uban dalam hidup Anda.

 

Penulis :

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
3 Hal Ini Biang Keladi Vagina Gatal
Artikel Selanjutnya
Merokok Sebabkan TBC, Benar atau Salah?