Sukses

4 Bahaya Makan Hati Ayam

Meskipun banyak mengandung vitamin, ternyata hati ayam memiliki efek buruk jika dikonsumsi berlebihan

Liputan6.com, Jakarta Hati ayam biasa kita jumpai di tempat makan yang berada di pinggir jalan seperti pecel lele hingga restoran besar. Seperti halnya hati manusia, hati ayam pun berfungsi sebagai penyaring racun dalam tubuh yang berasal dari makanan yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh. meskipun memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, D, E, K, dan B12, ternyata mengkonsumsi hati ayam secara berlebihan dapat membahayakan tubuh.

1. Bahaya Jika Dikonsumsi Bayi

Biasanya hati ayam dijadikan tambahan menu MPASI bagi bayi yang berusia diatas enam bulan. Menurut penelitian yang diungkapkan oleh NCBI (The National Center for Biotechnology Information), konsumsi hati ayam yang terlalu sering akan menyebabkan asupan vitamin A secara berlebihan. Akibatnya akan terjadi pembesaran pada ventricle dan subarachnoid di otak bayi, sehingga membuat bayi sangat rewel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menyebabkan Penyakit Jantung

Hati ayam banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah menuju jantung. Sehingga bisa memperlambat masuknya darah dengan kandungan oksigen yang dibutuhkan jantung. Akibatnya akan menyebabkan penyakit jantung, termasuk lemah jantung, seranganj antung, dan detak jantung yang tidak beraturan

3. Memicu Penyakit Darah Tinggi

Apabila dikonsumsi secara berlebihan dan dalam kurun waktu yang lama, kolesterol yang terdapat pada hati ayam akan berubah menjadi kolesterol jahat. Hal tersebut dapat menyebabkan penumpukan kolesterol dalam darah yang membuat peredaran darah tersumbat. Inilah yang memicu timbulnya penyakit darah tinggi atau hipertensi. Mengkonsumsi hati ayam secara berlebih, juga memiliki efek samping yang sama seperti bahaya mengkonsumsi garam bagi penderita hipertensi.

3 dari 3 halaman

4. Penyebab Rematik dan Asam Urat

Kandungan lemak dan kolesterol yang cukup banyak pada hati ayam juga bisa meningkatkan asam urat dan memicu penyakit rematik khususnya bagi orang yang memiliki kadar asam urat diatas normal. Hal ini disebabkan oleh penumpukan zat purin pada persendian. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi hati ayam juga dapat mempercepat kambuhnya penyakit asam urat bagi pederita yang sempat sembuh.

 

Penulis :

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.