Sukses

Muncul Uban di Usia Muda? Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Uban biasanya muncul pada rambut seseorang yang menginjak usia senja. Namun kenyataannya, kita sering menemukan orang yang masih muda bahkan remaja yang usianya baru belasan tahun namun sudah memiliki uban di rambutnya. Hal ini menunjukan bahwa timbulnya uban tidak hanya disebabkan oleh faktor usia saja, beberapa penyebab seperti gaya hidup ternyata dapat menimbulkan uban di usia muda.

1. Kekurangan Vitamin

Biasanya uban muncul pada rambut yang kekurangan vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai makanan pada rambut. Seperti vitamin B12, seng, dan tembaga. Selain itu, kekurangan vitamin E dan C juga bisa menghambat pertumbuhan sel-sel yang memproduksi melanin dalam rambut, sehingga rambut memutih lebih cepat dari yang seharusnya. Zat melanin adalah zat yang member warna pada rambut, sehingga apabila jumlahnya sedikit maka rambut akan kehilangan warna aslinya dan timbul lah uban. Vitamin tersebut bisa anda dapatkan dengan rajin mengonsumsi Ikan Salmon, Jambu Biji, Telur, Biji-bijian, dan sayuran.

 

 

1 dari 3 halaman

2. Sering Menggunakan Catokan dan Hair Dryer

Banyak faktor yang menyebabkan penurunan jumlah melanin dalam kulit kepala, diantaranya terlalu sering menggunakan catokan dan hair dryer. Hal ini dapat menyebabkan batang rambut menjadi panasdan lemas sehingga menghambat produksi melanin. selain itu, panas yang dihasilkan oleh catokan bisa menyebabkan rambut rontok sehingga mengalami kebotakan parah. Salah satu antisipasi yang bisa dilakukan adalah menggunakan conditioner dan heat protector sebelum catok.

3. Stress dan Sering Terpapar Radikal Bebas

Salah satu pemicu timbulnya uban di usia muda adalah stress. Hal ini sering terjadi mengingat usia muda merupakan usia produktif sehingga mudah stress akibat pekerjaan atau masalah hidup lainnya. Hal iniakan menyebabkan kerontokan dan menghambat produksi zat melanin, yang berpengaruh terhadap warna rambut. Selain itu, terlalu sering merokok juga akan meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh dan dapat menurunkan kadar melanin.

2 dari 3 halaman

4. Faktor Genetik

Kemunculan uban di usia muda juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Bisa jadi orang tua anda telah beruban di usia muda, kemungkinan besar anda pun akan mengalami hal yang sama. Namun hal ini dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

 

Penulis :

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Ingin Punya Anak Cerdas? Ini Usia Terbaik untuk Hamil
Artikel Selanjutnya
Hai Pria, Pahami Alasan Kerontokan Rambut dan Cara Mengatasinya