Sukses

Perempuan Australia Mendapatkan Penghargaan Karena Ojek Online

Liputan6.com, Jakarta Catherine Coyne, wanita asal Australia yang pernah menjadi relawan untuk Komisi Nasional Perempuan (Komnas Perempuan) di Jakarta, tahun ini menerima penghargaan lomba berbahasa Indonesia tingkat nasional di Australia, berkat kecintaannya pada ojek online.

National Australia Indonesia Language Awards (NAILA) yang merupakan sebuah kompetisi tahunan ini memberi penghargaan dan mendorong perkembangan pembelajaran Bahasa Indonesia di Australia. Catherine Coyne pun turut mengikuti kompetisi ini dengan membuat sebuah video yang berisi tentang ojek online dalam Bahasa Indonesia.

1 dari 3 halaman

Mengandalkan Ojek Online

Dilansir dari australiaplus.com, Catherine merasa jalanan di Jakarta tidak cocok untuk berjalan kaki, dan ia mengandalkan ojek online sebagai gantinya. Karena sebelum menjadi pengguna ojek online, Catherine beberapa kali menggunakan ojek offline tetapi merasa sering dilecehkan di jalanan. Pelecehan tersebut sempat membuat dirinya tertekan untuk menginjakkan kaki di jalanan, hingga ia bertemu ojek online.

Dalam video berjudul “Gojek Girl di Bush Australia” Catherine tampak menjadi seorang pengemudi ojek online yang hendak mengantar seorang penumpang. Namun hal tersebut gagal dilakukan karena adanya kesulitan komunikasi antara pengemudi dam penumpang.

Dalam video ini pun Catherine menyebutkan bahwa baginya, Australia ‘belum siap’ untuk Ojek online karena belum masyarakat di sana belum paham tentang sistem kerja ojek online, serta daerah yang juga menurutnya kurang mendukung.

2 dari 3 halaman

Bahasa Gaul

Terlihat pula dalam video berdurasi enam menit ini, Catherine menggunakan ‘bahasa gaul’ yang sering digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Dilansir dari australiaplus.com, Catherine memang menyukai ‘bahasa gaul’ Indonesia yang menurutnya sangat kreatif, ekspresif, dan bisa menyampaikan banyak arti dalam satu ungkapan. Ia sampai memiliki halaman Facebook yang isinya khusus soal ‘bahasa gaul’ tersebut.

 

Penulis :

Alca Octaviani

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Golek, Ojek Online Asal Kediri yang Mirip Go-Jek
Artikel Selanjutnya
Top 3: Beli KFC Pakai Bitcoin hingga Balkon Tower II BEI Ambruk