Sukses

Rayakan Natal, 5 Negara Ini Punya Hidangan Terunik di Dunia

Sejumlah negara ini punya hidangan yang unik untuk merayakan hari natal bersama keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Natal memang sudah seharusnya disambut secara suka cita. Untuk merayakan kegembiraan Natal, biasanya umat yang merayakannya akan berbagi dan berkumpul bersama keluarga dan kerbat terdekat.

Tentunya tak akan lengkap rasanya jika berkumpul dengan keluarga tanpa disuguhi dengan hidangan lezat. Berikut ini beberapa hidangan unik dari berbagai negara untuk merayakan Hari Natal bersama dengan keluarga, melansir Mirror, Senin (25/12/2017).

1. Ulat Kering

Ulat kering mopane. Source: http://mashable.com

Makanan satu ini bukanlah makanan yang menjadi kegemaran banyak orang. Namun, di Afrika Selatan tepatnya bersaman hari Natal, tak lengkap rasanya jika perayaan Natal bersama keluarga tanpa disertai hidangan tradisonal ulat kering. Ulat mopane atau ulat moth dianggap sebagai ulat yang bisa dimakan dan menghasilkan rasa yang renyah.

Biasanya ulat ini akan cenderung panen menjelang hari raya Natal. Oleh karena itulah, ulat ini kerap disajikan di Afrika Selatan. Walaupun terdengarannya menjijikan, ulat mopane dianggap sebagai ulat dengan kandungan kaya protein seperti daging.

2. Smalahove

Smalove atau kepala kambing yang dibakar. Source: icelandreview.com

Untuk merayakan tradisi Natal bersama keluarga, Smalahove atau kepala kambing yang dibakar menjadi sajian yang tak boleh dilupakan di Norwegia. Mereka akan benar-benar memakan utuh kepala kambing yang telah di bumbui dengan racikan khusus dan dikeringkan.

Setelah kulitnya dihilangkan, maka akan disisikan bagian otak untuk dihidangkan. Smalahov punya sejarah yang dulunya menjadi hidangan bagi kaum miskin yang tak mampu membeli daging.

Karena bagian kepala kerap kali dibuang, akhirnya mereka mengonsumsinya dan sekarang menjadi hidangan lezat yang ditunggu untuk merayakan Hari Natal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Salad Ikan Haring

Karena saking dinginnya di Rusia, ikan haring bahkan memakai mantel bulu. Tentunya ungkapan itu hanya menjelaskan hidangan salad haring yang dilengkapi dengan banyak sayuran berlapis. Mulai dari kentang, wortel, telur sampai dengan ubi bit.

Selain sangat lezat, hidangan yang dianggap murah meriah ini sangat cocok untuk dimakan bersama dengan minuman alkohol. Hidangan salad asal Rusia ini juga cocok dikonsumsi saat Hari Natal.

4. Ayam KFC

Paket ayam spesial Natal di Jepang. Source: Business Insider

Semua orang pasti tahu hidangan ayam dari restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken. Setiap hari pun pasti kita bisa mengonsumsi ayam dari restoran tersebut. Akan tetapi, di Jepang, ayam KFC sudah menjadi keharusan untuk menghidangkannya saat merayakan Hari Natal bersama keluarga atau orang terdekat.

Tradisi ini mulai muncul karena banyak orang merasa mereka tak memiliki makanan tertentu untuk merayakan Hari Natal. Dilaporkan, restoran KFC yang tersebar sampai harus membuat konsumennya melakukan reservasi seminggu untuk mendapatkan ayam.

Oleh karena itu, KFC di Jepang akan meraup banyak keuntungan menjelang hari raya Natal. Biasanya KFC juga menyediakan paket khusus Natal yang terbilang cukup mahal disertai dengan bir untuk menemani makan ayam.

3 dari 3 halaman

5. Pierogi

Pangsit ternyata tak terkenal dikonsumsi di Tiongkok saja. Pierogi merupakan pangsit asal negara Polandia. Karena sangat disukai oleh orang Polandia, banyak orang tak tanggung- tanggung mengeluarkan kocek besar untuk membeli pangsit khas tersebut.

Biasanya pangsit akan diisi dengan keju, daging, asinan, jamur serta bahkan buah. Oleh karena itu, orang-orang Polandia tak akan melewatkan Natal mereka tanpa adanya hidangan Pierogi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.