Sukses

Ini Fungsi Tonjolan Kecil di Tombol 'F' dan 'J' pada Keyboard

Ternyata tonjolan pada keyboard bukan sekadar hiasan, tapi berfungsi.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin sebagian besar di antara kita tidak menyadari bahwa kebanyakan papan ketik atau keyboard di komputer maupun laptop memiliki tonjolan kecil di huruf "F” dan “J”. Ternyata tonjolan tersebut merupakan sebuah metode yang ditemukan Frank Edward McGurrin pada 1888. Metode ini bernama touch typing, yaitu sebuah metode mengetik tanpa melihat papan tuts.

Sebelum komputer atau laptop ditemukan, mesin ketik terlebih dahulu hadir dan memiliki susunan papan ketik yang hampir sama dengan komputer atau laptop masa kini. Dengan mengingat letak huruf, angka, dan tanda baca di keyboard, seseorang bisa meningkatkan kecepatan dan akurasinya.

Jadi fungsi tonjolan di tombol huruf “F” dan “J” membantu mengidentifikasi tuts di keyboard saat kita mengetik tanpa harus melihat letaknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Posisi Jari Pada Keyboard

Sederhananya, pada keyboard standar di deretan bagian tengah anda akan melihat deretan huruf ASDFGHJKL. Huruf “F” ini merupakan tempat meletakan telunjuk tangan kiri diikuti jari tengah di huruf “D”, jari manis di huruf “S”, dan jari kelingking di huruf “A”.

Sementara itu, untuk posisi jari tangan kanan, Anda bisa meletakan telunjuk di huruf “J”, diikuti dengan jari tengah di huruf “K”, Jari manis di huruf “L” dan kelingking kanan di tanda “;”.

Dengan demikian, para touch typer dapat merasakan apakah jarinya diletakkan di tempat yang tepat ketika mengetik atau tidak meskipun tanpa harus melihat keyboard.

3 dari 3 halaman

Pematenan Huruf

Pada 2002, June E Botich asal Naples, Florida mematenkan versi modifikasi dari tuts “F” dan“J”. Sejak saat itu, panduan taktis ini telah menjadi standar di hampir semua keyboard komputer maupun laptop.

 

Penulis :

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.