Sukses

Kids Zaman Now Belajar Jadi Jurnalis

Liputan6.com, Semarang Citizen Journalist Academy Semarang mengadakan program Goes To School dengan melakukan kunjungan ke sekolah SDN Pedurungan Tengah 02 Semarang, Jawa Tengah. Finalis CJA disambut baik oleh Sudiyanto, Kepala Sekolah SDN Pedurungan Tengah 02 Semarang. Anak-anak SD ini sangat antusias sekali mengikuti acara yang diselenggarakan.

Ada tiga materi yang diberikan, antara lain Kelas Presenter, Menulis, dan Videografi. Dengan mengangkat tema Creative Talk “ Yuk Jadi Jurnalis “ anak-anak didorong untuk bisa lebih aktif dalam menyebarkan informasi yang berdampak positif melalui teknologi yang mereka miliki. Dalam materi kelas Videografi, anak-anak diajarkan teknik pengambilan gambar saat liputan.

Mereka juga diberi tahu bahwa menjadi seorang jurnalis tidak harus selalu punya kamera yang mahal. Dengan smartphone yang murah pun anak-anak bisa menjadi "jurnalis cilik", asalkan punya informasi yang menarik dan positif.

1 dari 2 halaman

Anak SD yang Jadi Youtuber

Dewasa ini banyak anak kecil yang menggunakan media sosial untuk mengumbar perasaan di statusnya, menggunakan bahasa yang terkesan sembrono, mencari pasangan lewat media sosial, bahkan mengunggah foto ketika sedang berpacaran. Berbeda dengan bocah kebanyakan, ada seorang murid yang mengikuti pelatihan ini rupanya sudah punya pengalaman menggunakan media sosial untuk hal yang positif.

Arjuna, anak laki-laki kelas 6 SD, memiliki Channel Youtube sendiri yang menembus 2K Subscriber yang berisi konten gim. Tidak hanya itu saja, Arjuna aktif dalam berbagai macam media sosial, Facebook, Twitter bahkan Instagram untuk memviralkan video yang ia buat.

Arjuna menjadi salah satu contoh anak seusia dini yang mampu menjadikan teknologi menjadi sarana yang berdampak positif bagi orang lain. Tidak dipungkiri dengan adanya perkembangan era digital yang sangat pesat membuat anak-anak jaman sekarang jauh lebih berkualitas dari sebelumnya, jika dengan arahan yang tepat.

Penulis :

Febby Budisantosa

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Semarang

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
Asian Games: Generasi Muda Indonesia Bisa Mendunia
Artikel Selanjutnya
Kompetisi Desain Label Botol Good Day Bertema Ramadan