Sukses

Mulai dari Salt Bae hingga Covfefe, Berikut Meme Kocak 2017

Liputan6.com, Jakarta Warganet tak hentinya dihibur dengan kreatifitas para pembuat meme. Meme juga cocok untuk menggambarkan situasi dengan memberikan nuansa humor sehingga kerap kali dapat membuat kita tertawa.

Tahun ini ada sejumlah meme unik yang menjadi viral digunakan oleh banyak orang. Berikut ini rangkuman meme terbaik yang digunakan oleh warganet dari seluruh dunia di tahun 2017.

1. Salt Bae

Meme Salt Bae ala Indo. Source: 1cak

Disebut dengan salt bae karena gaya pria ini saat menaburkan garam. Awalnya meme ini muncul pada awal tahun 2017, tepatnya pada bulan Januari.

Ternyata pria yang kerap dijuluki salt bae tersebut adalah seorang Chef asal Turki yang bernama Nusret Gokce.

Meme salt bae sendiri diambil saat pria itu sedang menunjukan demonstrasi memasak steak melalui videonya di Instagram. Belum mencapai dua hari, video tersebut mencapai 2,4 juta penonton dan 8 ribu lebih komentar.

Berawal dari Turki, meme tersebut tentu saja kemudian dibuat versi lokalnya oleh warganet Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pria kulit putih yang berkedip/ White guy blinking

Biasanya meme pria berkulit putih yang berkedip, kerap digunakan untuk reaksi saat kita merasa terkejut, terhina, kebingungan atau merasa tak percaya akan sesuatu.

Ternyata populernya meme ini bermula dari video berjudul 'Unprofessional Fridays' yang diproduksi oleh website game bernama Giantbomb.com.

Pria berkulit putih dalam meme tersebut merupakan seorang pria bernama Draw Scanlon. Scanlon sendiri merupakan seorang editor video sekaligus podcast dari Giant Bomb.

Siapa yang mengira ternyata reaksi Scanlon dalam video tersebut ternyata kerap dugunakan sebagai meme. Walaupun sudah lama muncul meme Scanlon masih digunakan hingga saat ini.

3. Snapchat Hot Dog Filter

 

Meme hot dog snpachat. Source:  Savage Thoughts

Hotdog yang menari merupakan bagian dari filter media sosial Snapchat. Orang-orang bisa menggunakan filter hotdog menari dalam video mereka.

Awal mulanya debut dari meme filter hotdog ini terkenal pada Juni 2017 ketika seseorang mengunggahnya di Youtube.

Ternyata pada saat itulah meme hotdog menari, melakukan debutnya di perkancahan meme. Semenjak saat itu, banyak orang menggunakan filter ini dan mengunggahnya pada akun instagram dan youtube mereka.

Selain itu, banyak orang juga membuat lelucon dengan meme tersebut.

3 dari 5 halaman

4. Spongemock

Banyak orang pasti tahu kartun Spongebob Squarepants. Ternyata episode Spongebob yang bertingkah seperti ayam menjadi populer digunakan untuk mengejek orang lain.

Gambar Spongebob yang mengejek ini diambil dalam episode berjudul "Little Yellow Book", yang ditayangkan pada 25 November 2015.

Orang-orang menyebut meme ini dengan sebutan spongemock. Tersebarnya meme ini terjadi setelah akun twitter @lexysaeyang menggunakan tangkapan layar spongebob tersebut pada Mei 2017.

Selain itu, ia juga menambahkan caption huruf besar dan kecil sebagai tanda mengejek ungkapan orang lain.

Setelah mengunggah meme tersebut akun Lexy langsung mendapat 37 ribu retweets dan 86 ribu likes. Selain spongemock, di Indonesia sendiri banyak bertebaran meme kocak dari tokoh kartun bewarna kuning itu.

5. Cash me ousside/how bow dah

Meme Cash me ousside Source: Knowyourmeme.com

Ungkapan tersebut tak disangka menarik perhatian publik dan dijadikan sebuah meme. Hal ini diambil dari ungkapan gadis 13 tahun bernama Danielle Bregoli dalam acara The Dr. Phil Show.

Saat acara talk show itu berlangsung, Danielle menantang audiens yang tertawa dengan ucapan "Cash me outside, how about that" dengan aksen yang kental.

Setelah acara ini diunggah ke Youtube pada Spetermber lalu, ternyata ungkapan gadis itu bisa dijadikan sebuah meme.

4 dari 5 halaman

6. Pacar yang bingung/distracted boyfirend

Meme ini dikenal dengan 'distracted boyfirend' atau seorang pria yang melihat wanita lain.

Hal ini disebabkan karena pria dalam foto melihat ke wanita lain saat ia sedang berjalan dengan pacarnya. Sedangkan, ekspresi pacarnya merasa kecewa dengan tindakan si pria.

Sumber foto ini ternyata berasal dari stok foto iStock, yang diambil oleh seorang fotografer bernama Antonion Gulliem. Judul fotonya sendiri bertajuk "Pria tak setia yang melihat ke wanita lain saat bersama pacarnya"

Setelah itu, foto ini digunakan untuk membuat meme kocak tentang berbagai macam hal yang mengalihkan minat kita terhadap sesuatu.

Selain itu, karena banyak orang penasaran dengan lanjutan foto ini akhirnya pada bulan Agustus akun tumblr bernama Klubbhead menyebarkan komplikasi cerita foto tersebut.

 

7. Roll safe

Meme Roll Safe. Source: Know Your Meme

Roll safe sendiri merupakan karakter pada sebuah seri dokumenter berjudul Hood Documenter, yang produksi oleh BBC. Aktor bernama Kayode Ewumi berperan sebagai tokoh Roll Safe melakukan adegan menyeringai sambil menunjuk samping dahinya.

Ternyata banyak orang mengambil tangkapan layar, dimana ia sedang melakukan adegan seperti itu. Tak disangka-sangka hal itu dijadikan sebuah meme kocak untuk menggambarkan situasi saat kita mengambil tindakan yang salah atau gagal.

Walaupun sudah lama muncul, meme ini juga masih tersebar dan digunakan oleh banyak orang.

 

5 dari 5 halaman

8. Covfefe

Kesalahan typo dari Presiden Amerika ini ternyata mendapat perhatian dari publik. Karena salah menulis 'coverage' dalam cuitan twitternya pada akhir Mei lalu, Orang nomor satu di Amerika tersebut mendapat olok-olok oleh banyak orang.

Hal lucu ini menjadi kesempatan emas untuk dijadikan meme kocak yang menyinggung typo Presiden Trump. Selain itu, di twitter sendiri 'covfefe' pernah menjadi trending topic nomor satu di dunia. Orang-orang juga mengkaitkan typo 'covfefe' milik Trump dengan coffee atau kopi sebagai sebuah lelucon.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.