Sukses

Rahasia Sistem Pendidikan Jepang yang Buat Negaranya Semakin Maju

Pendidikan di Jepang sangat menghargai seni, warisan yang telah ada selama turun menurun.

Liputan6.com, Jakarta Jepang, siapa yang tidak tahu negara yang satu ini. Selain dikenal negara maju, dengan masyarakatnya yang pekerja keras, orang-orang disana juga sangat menghargai waktu, dan memanfaatkan sebaik mungkin. Tak heran jika Jepang melahirkan banyak orang-orang hebat. Sistem pendidikan merupakan salah satu faktor dari majunya negara ini. Simak penjelasannya berikut.

 

1. Tidak Mengandalkan Petugas Kebersihan Sekolah

Dalam urusan kebersihan kelas, mereka akan membebankan kepada murid-muridnya, dia tidak akan bergantung pada petugas kebersihan sekolah. Misalnya seperti merapikan meja dan bangku, buku-buku, dan alat tulis lainnya yang ada di dalam kelas. Tidak hanya peralatan kelas, namun lingkungan dalam kelas juga turut dibersihkan misal mengelap kaca jendela, menyapu, atau mengepel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Lebih Mengutamakan Moral dan Etika

Seperti yang kita ketahui, dibandingkan akademis, moral atau etika seseorang jauh lebih penting. Jika etika seseorang itu baik, sudah pasti akademisnya pun akan baik pula. Dan sebaliknya jika akademis seseorang itu baik, belum tentu etikanya akan baik.

3. Tahun Ajaran Baru Dimulai Saat Musim Semi

Di Jepang terdapat empat musim, dimana musim semi, musim gugur, musim panas, dan musim dingin. Musim semi lah yang paling ditunggu masyarakat Jepang terutama anak-anak sekolah. Mereka percaya bahwa musim semi selalu memberikan energi positif yang membuat anak-anak sekolah di Jepang menjadi semangat. Karena alasan itu jugalah sekolah dimulai pada musim semi.

3 dari 3 halaman

4. Selalu Antusias dalam Segala Kegiatan

Di dalam sekolah atau kampus biasanya banyak sekali kegiatan seperti ekstrakurikuler, seminar, workshop, les atau pelajaran tambahan. Tidak ada kata malas atau bosan bagi murid ataupun mahasiswa di Jepang. Mereka sangat aktif danselalu menunggu kompetisi-kompetisi akademis lainnya.

5. Jarang Ada yang Bolos

Tingkat kehadiran siswa dalam pendidikan di Jepang memang sangat diutamakan. Bagi siswa yang suka membolos misal hanya satu hari, pihak sekolah bahkan akan memanggil orangtuanya.

6. Menjunjung Tinggi Seni Negeri Sendiri

Seni merupakan sebuah keahlian dalam aktivitas mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan atas bebeberapa benda, karya, ataupun suasana, yang dapat menghadirkan rasa indah dan menciptakan peradaban manusia yang lebih maju. Dalam pendidikan di Jepang, mereka sangat menghargai seni, warisan budaya yang telah ada selama turun menurun. Maka dari itu Jepang sangat bangga akan budayanya dan melestarikannya.

 

Penulis:

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.