Sukses

8 Cara Unik agar Kamu Bisa Cepat Tidur, Bebas Insomnia

Delapan cara tak biasa ini bisa membantu kamu yang kerap mengalami kesulitan saat tidur.

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan hal terpentng yang harus kita lakukan sehari-hari. Hal tersebut dilakukan karena tubuh juga perlu untuk beristirahat. Selain berpengaruh pada aktivitas hari-harimu, tidur juga sangat penting bagi kesehatan.

Tentunya menjadi penting bagi setiap orang untuk mendapat tidur yang cukup. Namun, karena insomnia, rasa cemas dan stres, sejumlah hal tersebut dapat mengganggu kualitas tidurmu.

Oleh karena itu, berikut ini merupakan delapan cara tak biasa untuk memudahkan kamu mendapat tidur yang cukup, melansir Tip Hero, Jumat (29/12/2017).

1. Buka ventilasi udara

Saat kita tidur biasanya semua jendela dan pintu ditutup rapat untuk menjaga keamanan serta mengurangi nyamuk untuk masuk dalam kamar.

Padahal menurut sebuah penelitian, karbon dioksida yang terperangkap dalam kamar bisa mengurangi seseorang untuk lebih rileks ketika tidur. Itulah yang menjadi salah satu faktor mengapa orang-orang bisa terbangun di malam hari.

Kamu bisa membuka pintu kamarmu agar sirkulasi udara bisa masuk ke dalam kamar. Hal ini bisa jadi salah satu cara untuk membuat tidurmu lebih nyenyak.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Atur pikiranmu

Coba katakan pada pikiranmu bahwa kamu tak akan tidur atau kamu tidak lelah. Jika kamu mengatakan hal itu dalam pikiranmu sendiri sebanyak yang kamu bisa. Nantinya hal ini bisa memberikan efek yang sebaliknya. 

Universitas Glasglow pernah membuktikan percobaan ini yang menyangkut pada efek psikologi seseorang. Ketika kita mengatakan hal tersebut yang terjadi otak justru memberontak dengan ungkapanmu sehingga hal ini dapat membuatmu menjadi lebih mengantuk.

3. Tidur telanjang dan mandi dengan air dingin

 

Simak cara mudah dan murah untuk menghindari stres. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Tidur telanjang memang dipercaya baik untuk kesehatan. Walaupun terdengar aneh dan tak nyaman, cara ini ternyata bisa menurunkan dan mengatur temperatur tubuhmu dengan lebih baik. Saat temperatur tubuh rendah hal ini dapat membuat kita cenderung untuk mudah mengantuk.

Akan lebih bagus lagi jika kamu mandi dengan air dingin sebelum tidur. Mungkin sebagai orang yang lebih memilih mandi dengan air panas padahal hal ini akan memperlambat temperatur tubuh menjadi rendah. Hal yang terjadi dapat menyulitkanmu untuk tidur lebih cepat.

3 dari 4 halaman

4. Taruh lemon dan tanaman hias

Menaruh potongan lemon di dekat tempat tidurmu mungkin bukan cara lazim untuk membuatmu tidur pulas. Namun  kegunaan buah asam ini tak boleh disepelekan.

Untuk orang-orang yang mengalami alergi, menaruh lemon di kasurmu bisa membersihkan udara di ruangan. Selain itu, wangi lemon juga dipercaya dapat menurunkan rasa cemas kita. Sehingga dapat memudahkan kita untuk tidur lebih cepat.

Selain lemon, beberapa tanaman hias seperti lidah buaya, english ivy dipercaya dapat membuat tidurmu menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan mereka bisa juga punya fungsi untuk membersihkan dan memberikan sirkulasi pada udara.

5. Minum jus ceri

 

Buah yang masuk dalam keluarga berry, seperti blueberry, stroberi, dan ceri banyak mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. (Istimewa)

Buah ceri ternyata tak hanya bisa sering digunakan sebagai hiasan kue saja. Jika, kamu mengalami kesulitan untuk tidur ada baiknya untuk mengonsumsi jus ceri.

Menurut beberapa studi ceri disebutkan mengandung melatonin sehingga dapat membantu banyak orang yang mengalami insomnia.

 

4 dari 4 halaman

6. Melakukan gerakan tertentu

Melakukan beberapa gerakan seperti menggulung jari kaki selama beberapa detika ternyata mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Menutup mata sambil memutar bola mata ke belakang juga selama beberapa kali dapat membuatmu mengantuk.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.