Sukses

8 Resolusi yang Tak Akan Terpikirkan, tapi Buat Hidup Lebih Baik

Liputan6.com, Jakarta - Menurut sebuah penelitian, sekitar separuh dari orang dewasa di dunia membuat resolusi tahun baru, tapi hanya kurang dari 10 persen orang yang berhasil mempertahankannya lebih dari beberapa bulan.

Kebanyakan orang hanya menjadi korban dari sindrom harapan palsu mereka sendiri. Ini dikarenakan resolusi yang mereka buat tidak realistis dengan waktu, kecepatan, dan konsekuensinya.

Penting untuk dipahami bahwa semakin realistis sebuah resolusi, semakin mudah mencapainya. Nah, bagi Anda yang tetap mau mencoba membuat resolusi di Tahun Baru, berikut beberapa resolusi tak biasa yang dapat Anda pertahankan sepanjang tahun yang baru.

1. Jangan beritahu siapa pun tentang resolusi Anda

Semakin sering resolusi itu diucapkan, seringkali makin tidak tercapai resolusi tersebut. Ini sesuai dengan penelitian yang menyebutkan: hanya 64 persen resolusi yang bertahan lebih lama dari bulan pertama, dan hanya 46 persen yang bertahan lebih lama dari enam bulan.

 

 

 

 

1 dari 5 halaman

2. Buat satu teman baru setiap bulannya

Menurut scientificamerican.com, orang-orang yang merupakan bagian dari kelompok besar, cenderung jauh lebih siap untuk menaklukkan musuh internal, misalnya ancaman kesehatan yang buruk. Lagipula, tak ada salahnya memiliki teman baru bukan?

3. Untuk setiap makanan junk food yang Anda konsumsi, balaslah dengan dua makanan sehat

Ini menjadi pertarungan serius antara tubuh Anda yang ingin hidup lebih sehat dengan nafsu. Ketimbang menyesal dan diet mati-matian setelah makan junk food, lebih baik memilih cara membalasnya dengan makan makanan sehat.

2 dari 5 halaman

4. Jangan biarkan uang Anda 'mengalir' begitu saja

Ubah kebiasaan membiarkan uang Anda keluar tanpa sadar. Sisihkan untuk ditabung, investikan sisanya. Bagilah pengeluaran bulanan Anda dan tinggalkan pula untuk kebutuhan mendadak. Anda tak biasa membiarkan kebiasaan boros Anda berlangsung lebih lama.

5. Cari hal-hal kecil yang buat Anda bahagia dan menantang diri sendiri

Ikuti dan cobalah hal-hal baru yang dapat membuat diri Anda bahagia. Ikuti kelas keramik yang sudah lama ingin Anda incar, tapi terlalu malu untuk bergabung, belajar bahasa baru, membuat tato kesukaan, dan hal-hal lain yang dapat mendatangkan kebahagiaan.

3 dari 5 halaman

6. Kurangi media sosial dan perbanyak berinteraksi di dunia nyata

Seterkenal apapun Anda atau seberapa pun banyaknya orang yang menyukai Anda di media sosial, itu semua tidak akan membawa dampak pada hidup Anda. Cobalah lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang di dunia nyata, pelajari pengalaman mereka.

7. Hiduplah dengan sederhana atau minimalis

Ini akan membantu Anda melunasi utang, mengurangi pakaian yang Anda beli tapi tak dipakai. Tak hanya itu, ini akan membuka ruang di sekitar Anda, sehingga benar-benar bisa berkembang.

4 dari 5 halaman

8. Berhenti mengatakan tidak

Anda tidak seharusnya takut dengan perubahan karena bisa saja itu membawa hal baik pada hidup Anda. Pastikan Anda selalu siap membuka diri terhadap pengalaman hidup yang lebih baik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Intip Cara Miliarder Richard Branson Wujudkan Resolusi 2018
Artikel Selanjutnya
Ini 2 Resolusi Tahunan Meghan Markle