Sukses

Mengejutkan, Ini 8 Foto Pertama yang Terkenal dalam Sejarah

Berikut ini merupakan sejumlah foto tunjukan hal-hal pertama yang terkenal di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu berpikir hal-hal pertama kali di sekitar kita akan ditemukan dalam bentuk seperti apa? Dalam kehidupan pastinya benda dan hal-hal di sekeliling kita punya momen pertama kali yang kerap tak disadari oleh banyak orang.

Untungnya hadirnya kamera yang bisa merekam momen yang terjadi pada masa lampau, bisa dijadikan kepingan sejarah untuk masa ini dan masa yang akan mendatang.

Penasaran apa saja foto-foto menarik pada masa lampau? Mulai dari selfie hingga robot, berikut ini merupakan foto sejarah benda dan hal pertama di dunia yang terekam oleh kamera.  

1. Selfie pertama di dunia

Istilah selfie sendiri mungkin setelah melejit beberapa tahun yang lalu. Namun, jika kamu penasaran siapa orang pertama yang melakukan potret diri pertama kali, mungkin Robert Cornelius bisa jadi jawabannya.

Pionir fotografi dari Amerika itu, mengembangkan inovasi teknologi fotografi dari fotografer Perancis bernama Louis Daguerre. Tak disangka hasil eksperimen Cornelius pada tahun 1839 dianggap sebagai foto manusia pertama dalam sejarah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Ponsel pertama di dunia

Martin Cooper, merupakan seorang senior insinyur di Motorola yang mengembakan ponsel pertama di dunia. Pada 3 April 1973, Cooper dengan iseng memberitahu rival perusahaan teknologi lain dengan menelepon mereka menggunakan ponsel genggam pertama buatannya. Ponsel itu ia buat dengan berat 1,1 kilogram dan butuh 10 jam untuk diisi ulang.

3. Foto bewarna pertama

 First Color Photograph 1861  Although color photography was explored throughout the 19th century, initial experiments in color resulted in projected temporary images, rather than permanent color images. Moreover until the 1870s the emulsions available were not sensitive to red or green light.The first color photo, an additive projected image of a tartan ribbon, was taken in 1861 by the Scottish physicist James Clerk Maxwell.

Thomas Sutton dan James Clerk menggunakan eksperimen pita tartan untuk melihat filter negatif dari warna merah, hijau dan biru pada tahun 1861. Kerja sama keduanya ternyata berhasil menonjolkan ketiga warna itu dalam foto. Kemudian hasil jepretan yang mereka hasilkan dianggap sebagai foto bewarna pertama di dunia.

3 dari 5 halaman

4. Foto pertama yang tunjukan petir

These Are The Oldest Known Photos Ever Taken - ALLDAY

Fenomena petir terkadang membuat kita merasa takut. Alih-alih takut, William N. Jennings mengambil foto petir pertama kali di dunia pada 2 September 1882. Setelah itu Jennings kerap mengabadikan foto-foto petir untuk esainya. Hal ini didorong karena rasa penasaran Jennings terhadap petir yang kerap kali digambarkan zig-zag oleh para seniman.

5. Wanita pertama yang dapat lisensi mengemudi sepeda motor

Penasaran siapa wanita pertama yang layak mengemudi sepeda motor? Sally Halterman ialah orangnya. Sejak lama wanita kerap kali ditindas dan selalu dibatasi bahkan untuk berkendara. Oleh karena itu, Sally, wanita asal Washington itu buktikan bahwa wanita bisa mendapatkan surat izin mengemudi sepeda motor di tahun 1937. 

4 dari 5 halaman

6. Restoran McDonald's pertama

Restoran cepat saji itu membuka restorannya pertama kali di San Bernardino, California pada tahun 1948. Awalnya, sang pemilik Richard and Maurice McDonald membuka restoran barbekyu. Namun keduanya kemudian setuju untuk mengganti konsep makanan restoran mereka dengan hidangan cepat saji seperti burger, kentang, serta coca-cola.

Sekarang ini restoran tersebut sudah berganti fungsi menjadi sebuah museum restoran McDonald's.

7. Robot pertama di dunia

Cygan the robot goes on sale at Christie’s, august 2013

Robot besar setinggi delapan kaki itu diluncurkan pertama kali pada tahun yang sama dengan Sputnik atau satelit pertama. Gygan, merupakan robot besar yang dikendalikan oleh remot. Robot itu diluncurkan setelah sedekade munculnya komputer.

Di zamannya robot itu dianggap canggih karena bisa merespon suara dan perintah melalui sinar cahaya. Sayangnya pada September 2013 yang lalu, Gyan dilelang dengan perkiraan harga 130 jutaan di Inggris.

5 dari 5 halaman

8. Foto hasil rekayasa photoshop pertama

Semua orang pasti tahu, untuk mengedit foto supaya hasilnya bisa memuaskan biasanyadengan menggunakan photoshop. Ternyata ada hasil foto editan pertama dari photoshop. Judul foto itu yakni "Jennifer in Paradise" yang diambil oleh John Knoll.

Tanpa disangka foto itu kemudian digunakan oleh sang adik Knoll bernama Thomas yang bekerja pada program software photoshop. Foto milik Knoll dianggap kandidat yang tepat untuk mengetes gambar pertama kalinya pada program peluncuran photoshop.

 

9. Foto pertama bumi

Foto bumi pertama kalinya diambil oleh roket V-2 buatan Nazi pada 24 Oktober 1946. Foto hitam dan putih itu menunjukan bentangan awan di langit planet bumi. Usia foto yang saat ini berusia 71 tahun diambil pada ketinggian 105 kilometer di atas bumi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.