Sukses

6 Obat Buatan Sendiri yang Terbukti Tetap Efektif hingga Kini

Sebelum ilmu kedokteran secanggih sekarang, orang zaman dulu sering menggunakan obat buatan sendiri untuk menyembuhkan penyakitnya

Liputan6.com, Jakarta Sebelum ilmu kedokteran dan obat-obatan secanggih sekarang, orang zaman dulu sering menggunakan obat buatan sendiri untuk menyembuhkan penyakit mereka. Tentunya, obat tersebut dipakai setelah mereka melakukan tes berkali-kali.

Nah, tahukah Anda, ada beberapa obat buatan sendiri yang tetap efektif bertahun-tahun kemudian. Apa saja? Melansir dari Bright Side, ini dia.

1. Lidah buaya dan minyak almond untuk stretch mark

Stretch mark adah musuh utama kecantikan. Tanda-tanda kerusakan pada dermis atau lapisan tengah kulit ini dapat disingkirkan tanpa harus menjalani laser atau menggunakan obat kimia.

Cukup campur getak lidah buaya dengan minyak almond dalam jumlah yang seimbang, kemudan gosokkan campuran itu ke bagian tubuh yang memiliki stretch mark. Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan sisanya. Anda dapat mengulanginya beberapa kali dalam sehari hingga stretch mark memudar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Mandi antijamur dengan sodium dan cuka

Mandi dengan soda dan cuka sangat bagus untuk menyembuhkan jamur di kaki. Namun, obat ini memiliki kontraindikasi tertentu yang harus Anda ketahui seperti: jangan melakukannya bila Anda memiliki luka atau memar di kaki, memiliki penyakit kardiovaskular, dan kondisi medis yang membawa kenaikan suhu tubuh.

 

3 dari 6 halaman

3. Madu untuk obat batuk

Untuk menyembuhkan batuk, Anda dapat mencoba mengonsumsi 2 sendok teh madu 30 menit sebelum tidur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madu tak kalah efektifnya dibanding sirup obat batuk. Ini juga dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

 

4 dari 6 halaman

4. Bawang putih untuk menghilangkan kutil

Bawang putih segar dengan air merupakan obat yang baik untuk menghilangkan kutil. Caranya, potong beberapa siung bawang putih dan masukkan ke air matang. Celupkan cotton bud ke dalam campuran ini lalu oleskan ke bagian yang memiliki kutil. Ulangi ini beberapa kali sehari sampai kutil hilang.

 

5 dari 6 halaman

5. Mentimun untuk menguatkan dan memutihkan gigi

Semua orang tahu bahwa wortel menguatkan dan memutihkan gigi. Namun ternyata, mengonsumsi mentimun tak kalah bermanfaatnya bagi gigi. Mentimun mengandung banyak kalium, vitamin A dan K, serta antioksidan yang tentunya baik untuk tubuh Anda.

 

6 dari 6 halaman

6. Alkohol dan cuka untuk infeksi telinga

Beberapa dokter memiliki resep yang bagus untuk menyembuhkan infeksi telinga. Anda hanya perlu mencampurkan cuka putih dan alkohol dalam rasio 1:1. Kemudian, tuangkan 1 sendok campuran ini ke masing-masing telinga dan bersihkan sisa larutan setelah telinga terasa panas.

Nah, mungkin Anda bisa menambahkan resep obat di atas dengan resep obat buatan Anda sendiri?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini