Sukses

Ternyata Ini yang Terjadi Dalam Tubuh Saat Menonton Film Horor

Respons naluriah tubuh tidak membedakan antara dikejar beruang atau menonton film yang menakutkan.

Liputan6.com, Jakarta Ternyata, ketakutan saat menonton film horor bisa benar-benar membuat darah Anda mengental. Demikian kesimpulan yang diambil oleh sekelompok peneliti dari Belanda, seperti dilansir dari Reader Digest.

Para peneliti melakukan percobaan pada 24 relawan. 14 orang dari mereka diminta menonton film horor (Insidious), lalu diminta menonton film ringan seminggu kemudian. 10 relawan diminta melakukan yang sebaliknya: menonton film ringan dulu, baru film horor.

Ternyata saat menonton Insidious, relawan mengalami peningkatan protein pengental darah. Peningkatan ini sangat signifikan sehingga menaikkan risiko penggumpalan darah. 57 persen relawan mengalami peningkatan ini, sementara hanya 14 persen yang mengalami peningkatan saat menonton film ringan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara tubuh melindungi diri

Kemungkinannya adalah, manusia secara alami telah mengembangkan respon pengentalan darah saat merasa ketakutan, begitu menurut Dr Thomas Eidson, spesialis penyakit pembuluh darah di Arlington, Texas. Pembekuan darah adalah respons tubuh terhadap cedera, dan bisa memperlambat atau menghentikan perdarahan.

Saat ketakutan, tubuh yang merasa terancam mempersiapkan diri dari kemungkinan cedera. "Ketika kita takut, bagian paling primitif otak kita mengambil alih menyebabkan respons melawan—atau lari,” kata Dr. Eidson.

Tubuh kita melepaskan adrenalin, pupil kita membesar, dan pembuluh darah kita menyempitkan darah yang bergerak ke organ vital dan otot. Tubuh juga mempersiapkan diri dengan meningkatkan kemampuan tubuh membentuk gumpalan jika terjadi kehilangan darah atau cedera.

"Respons naluriah ini tidak membedakan antara dikejar beruang atau menonton film yang menakutkan. Tubuh kita merespon persis sama,” kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.