Sukses

Menghebohkan, Hasil Penyelidikan Polres Terhadap Wujud Asli Hantu

Tak hanya mengurusi kasus-kasus hukum, Kepolisian Resort Probolinggo juga menyelidiki misteri wujud hantu.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya mengurusi kasus-kasus hukum, Kepolisian Resort Probolinggo juga menyelidiki wujud hantu. 

Sebuah foto saat razia gabungan tempat karaoke di Probolinggo menghebohkan dunia maya. Pasalnya, ada sosok berwujud seram yang tertangkap kamera. Sosok tersebut berambut panjang, berwajah hitam dengan mata menyala.

Seperti dikutip dari website Polres Probolinggo Kota, sosok itu terfoto dalam razia gabungan yang dilakukan oleh  TNI Polri dan instansi terkait, dan dipimpin oleh Kepala Satuan Narkoba AKP Dodik Wibowo pada 29 Desember 2017 malam.

Warganet mengira sosok itu adalah hantu. Fotonya tersebut pun menjadi viral. Bahkan ada paranormal yang menyatakan bahwa sosok itu memang mahkluk gaib.

Melihat hal tersebut, Polisi tak tinggal diam. Mereka minta bantuan ahli IT untuk menganalisa foto tersebut. “Foto tersebut berdasarkan data exif metadata file adalah asli,” kata Murdiono, ahli informasi teknologi yang diminta oleh Polisi untuk menganalisa foto tersebut, seperti dikutip dari website Polres Probolinggo Kota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

"Hantu" dipanggil ke Polres

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal pun menjelaskan bahwa foto tersebut memang asli. Asli, artinya wujud yang nampak dalam foto adalah memang manusia, bukan hantu.

Polisi memanggil tiga pemandu lagu di tempat karaoke tersebut untuk mencari tahu kebenarannya. Rupanya foto tersebut adalah gambar seorang pemandu lagu. “Saudari YN menggunakan semacam kerudung bermotif bunga yang tembus pandang. Saat ada razia dan difoto, kain itu digunakan untuk menutup wajahnya,’ kata Kapolres Alfian.

Mata sosok yang menyala dalam foto juga dijelaskan. “Mata yang menyala akibat flash lampu HP yang digunakan untuk memotret,” kata dia. Fenomena ini biasa disebut red eye effect.

 

3 dari 3 halaman

Berfoto bersama

Dengan penjelasan ini, Alfian berharap masyarakat tidak berspekulasi lagi menyebarkan info hoaks. Menurutnya, info hoaks penampakan hantu ini membuat resah masyarakat.

YN, pemandu lagu dalam foto tersebut, diminta memperagakan kembali pemakaian kain tersebut di kantor polisi. Ya, hasilnya, sama seperti yang terpotret di foto sebelumnya.

Dengan in, misteri hantu di Probolinggo pun sudah terungkap.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.