Sukses

6 Persiapan Menghadapi Ujian, Jangan Langsung ke Nomor Terakhir

Liputan6.com, Jakarta Ujian Akhir Semester atau biasa kita sebut UAS, bagi kalangan pelajar khususnya mahasiswa. “Yah minggu depan UAS” atau kalimat yang menyatakan keluhan lainnya. Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar siap saat menghadapi Ujian Akhir Semester.

1. Kisi – kisi materi

Hal yang ini wajib kamu punya. Biasanya dosen akan memberikan materi yang telah dijelaskan dalam bentuk hard ataupun softcopy. Jangan malas mencatat, karena semua dosen tidak memberi dalam bentuk hard ataupun softcopy melainkan kita sendiri yang mencatatnya.

2. Datang ke perpustakaan

Nah untuk kamu, jika sudah mendekati UAS janganlah malas untuk mendatangi perpustakaan, bacalah buku-buku dengan materi yang sama dengan bab yang kamu pelajari.

1 dari 3 halaman

3. Ulangi Materi

3. Ulangi materi

Setelah dosen kamu menjelaskan materi, sebaik mungkin kamu harus pahami kembali materi itu dirumah. Jika materi dipahami berulang, kamu akan terhindar dari penyakit ‘mudah lupa’.

4. Jangan gunakan sistem kebut semalam

Sistem kebut semalam, mungkin kalimat tersebut tidak akan asing lagi ditelinga para pelajar. Dimana sistem tersebut hanya belajar jika besok sudah tiba waktunya ujian. Kamu belajar hanya membaca namun kurang memahami karena sudah dikejar waktu.

 

2 dari 3 halaman

5. Belajar online

5. Belajar online

Dari zaman ke zaman, teknologi sudah semakin canggih, untuk mengetahui informasi kamu hanya perlu mempunyai smartphone. Sama dengan belajar, jika kamu tidak mempunyai waktu yang cukup untuk belajar. Kamu bisa menggunakan smartphonemu untuk membaca materi – materi yang ada.

6. Berdoa

Setelah melakukan lima usaha di atas, langkah terakhir adalah menyiapkan mental. Kamu juga harus berdoa, karena berdoa memberikan ketenangan dan berserah diri, yakin bahwa kamu bisa mengerjakan soal-soal yang diberikan saat UAS. Asal jangan langsung melewati lima hal di atas dan langsung berdoa tanpa berusaha.

Penulis :

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Live Streaming Indosiar Piala Presiden: Bhayangkara FC Vs PSIS
Artikel Selanjutnya
Live Streaming Indosiar Piala Presiden: Persebaya Vs PS TNI