Sukses

Finalis Citizen Journalist Academy Ingin Menjadi Penyiar Andal

Liputan6.com, Semarang Erlina Dwi Aryanti, yang lebih akrab di panggil Erlin ini adalah mahasiswa Broadcasting di Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Kuliah di dunia penyiaran televisi membuat ia menjadi sosok yang siap kerja lapangan. Mahasiswa semester 5 yang sedang menjalani magang dan mempersiapkan tugas akhir tidak membuatnya mengurangi kegiatan selama kuliah.

Mendapat ajakan dari teman untuk mengikuti event Citizen Journalist Academy di Balaikota Semarang, dan berlanjut hingga lolos menjadi finalis membuatnya senang karena bidang di Citizen Journalist Academy sama dengan apa yang dipelajari di kampus. Sudah biasa dengan namanya liputan lapangan, mencari berita, membuat program televisi, editing, dan masih banyak lagi hal di dunia broadcasting.

Dia sudah merasakan bagaimana menjadi seorang produser, program director, floor director, dan tim artistik karena masa praktik di kampus yang memberikan kesempatan untuk mencoba semua jenis pekerjaan di industri televisi. Terpilih menjadi The Best Decoration and Property di ajang Broadcasting Awards 2016, merupakan ajang yang diselenggarakan oleh mahasiswa Broadcasting divsetiap angkatan dan merupakan ajang penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi seperti The Best Producer, The Best Program Director, The Best Editor, dan lainnya.

1 dari 3 halaman

Erlina Dwi Aryanti

Menggeluti dunia broadcasting sejak dua tahun lalu dan menyukai hal-hal berbau artistik dan seni, dulu sering ikut coret-coret mural di jalan dan mengikuti lomba-lomba menggambar, sejak kecil sudah bisa menggambar, menyukai seni hingga sekarang. Ketertarikan di dunia jurnalis dirasakan ketika kuliah harus mencari berita untuk ditayangkan di produksi program berita saat praktek.

Mendapat panggilan lolos menjadi finalis membuat bangga, setelah tahu ternyata yang berminat mengikuti Citizen Journalist Academy sangat banyak. Dapat menjadi tempat belajar lebih luas tentang broadcasting dan jurnalis selama menjadi finalis, menjadi orang yang terjun di media itu enak karena memiliki banyak relasi dimana-mana, pengalaman terbaru saat ini adalah ketika menjadi panitia pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayudan Bobby Nasution di Graha Saba Buana Solo.

Menjadi tim dokumentasi dari Asmoro Decoration membuatnya bisa bebas di area yang ketat penjagaan oleh paspampres. Selama hampir satu minggu berada di Solo, melihat semua media massa berkumpul demi mendapat informasi untuk disampaikan ke khalayak umum membuat dirinya berpikir lagi bahwa memang menjadi seorang broadcaster atau journalist itu memang butuh perjuangan, ide kreatif, dan pantang menyerah mendapatkan bahan laporan, di sisi lain seru karena bisa bertemu orang-orang penting yang tidak semua orang bisa rasakan.

2 dari 3 halaman

Videography

Mengambil bidang videography karena sudah terbiasa mengedit video sejak di SMK, dan memang memiliki rasa sendiri tertarik terhadap editing yang kebanyakan orang tidak sabar dalam mengedit. Senang sekali saat liputan bisa naik tayang ke Indosiar, karena karya video yang dibuat tayang secara nasional. Setelah selesai magang dan menyelesaikan Tugas Akhir, ingin melanjutkan ke dunia broadcasting sesungguhnya menjadi bagian dari salah satu stasiun televisi terbaik di Indonesia.

Penulis:

Erlina Dwi Aryanti - Universitas Dian Nuswantoro

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Semarang

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
Asian Games: Generasi Muda Indonesia Bisa Mendunia
Artikel Selanjutnya
INASGOC Buka Program Magang Buat Mahasiswa pada Asian Games 2018