Sukses

Bawa Catatan Saat Beraksi, Tulisan Tangan Pencuri Ini Tuai Pujian

Bukannya dikritik karena tindakannya, pencuri di Tiongkok dapat pujian karena tulisan tangannya yang rapi.

Liputan6.com, Tiongkok - Bentuk pencurian apa pun pasti akan selalu membuat kesal banyak orang. Selain merugikan orang lain, tindakan pencurian dianggap sebagai perilaku kriminal karena mengambil barang orang lain yang bukan haknya.

Meski begitu, seorang pencuri pada akhir Desember lalu menarik perhatian warga Tiongkok. Bukan karena tindakan pencuriannya, melainkan tulisan tangan yang dibuat pria berumur 20 tahun itu.

Pria yang belum diketahui identitasnya itu membuat warga kagum karena tulisan di catatannya. Setelah ditangkap Kepolisian Chengdu, Provinsi Sichuan, barat Tiongkok, pencuri itu masih menyempatkan diri untuk membawa buku catatannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tulisan pengingat dan rincian dari aksi pencuriannya

Dalam buku itu diketahui bahwa si pencuri menulis banyak informasi. Mulai dari peta, rute pelarian, kantor polisi, sampai dengan tindakan kejahatan yang akan ia rencanakan.

Selain itu, ia juga menuliskan pengingat rinci tentang bagaimana ia sukses melakukan aksi pencurian sebelumnya dan memberikan motivasi atas setiap tindakannya.

Tulisannya yang rapi dan terstruktur itu berisi sejumlah tulisan pengingat seperti:

"Ingatlah - aku hanya mengambil uang tunai, bejana emas, alkohol, serta rokok. Bedakan dengan jelas rokok dan alkohol palsu, cari kartu pengenal," tulis pria itu dalam catatanya.

Tak hanya pengingat, ia juga memberikan tips kepada dirinya sendiri supaya sukses kabur setelah melakukan aksi pencurian.

"Ambil jalan keluar yang berbeda bedasarkan dari nilai barang. Perlu diingat untuk berlari terlebih dulu, jika barang yang dicuri adalah barang yang nilainya tinggi," tulisnya.

"Kabur dengan cepat, bersembunyi, berlindung serta lari sejauh mungkin," tips yang ia tulis dalam catatan agar pria itu berhasil melarikan diri saat mencuri.

Ia juga kerap menuliskan motivasi dirinya agar tidak lamban saat melakukan aksi pencurian. "Sesuaikan diri, ambil jalan keluar yang mudah," tulis pencuri itu.

3 dari 3 halaman

Respons Warganet

Sayangnya, tulisan dan motivasi dalam catatannya tak cukup membantunya agar bisa terhindar dari polisi. Alih-alih mendapat hukuman sosial dari warga, catatan pria itu malah menarik perhatian publik di jejaring sosial.

Beberapa di antaranya memberikan reaksi menyindir sampai dengan menyayangkan bakat tulisan yang bagus dari si pencuri. Berikut beberapa respons warganet.

"Pencuri paling menginspirasi dalam sejarah." 

"Pencuri itu pasti bekerja sangat keras untuk merangkum pekerjaannya."

"Tulisan tanganku kalah jauh dengan miliknya."

"Sangat berbakat, namun amat disayangkan karena dia mengambil jalan yang salah."

"Kemampuan semacam ini seharusnya digunakan untuk hal yang baik daripada untuk mencuri."

Sampai saat ini belum ada detail laporan yang lengkap mengenai hukuman yang diberikan kepada si pencuri. Namun, banyak komentar warganet sangat menyayangkan kemampuan bakat tulisan tangan dari pencuri muda itu.

Nah, bagaimana menurut kamu?

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.