Sukses

Mengisi BBM Saat Matahari Terik Ternyata Bisa Merusak Kendaraan

Ternyata mengisi bahan bakar saat terik matahari bisa merusak kendaraan

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang beranggapan bahwa kapan pun waktu untuk mengisi bahan bakar kendaraan sama saja. Tapi tahukah Anda jika mengisi bahan bakar kendaraan berupa bensin atau solar bisa dicari waktu terbaiknya agar tidak merusak kendaraan.

Waktu terbaik untuk mengisi bahan bakar kendaraan adalah di pagi buta atau lewat tengah malam, tepatnya sekitar pukul 02.30 pagi. Alasannya, pada jam tersebut tidak ada lagi panas yang tersimpan di dalam tanah. Selain itu, pada pagi buta kondisi bahan bakar juga lebih bersih dibanding waktu-waktu lainnya. Karena kondisi bahan bakar bisa mempengaruhi mesin, maka dengan kualitas bahan bakar yang bersih, kondisi kendaraan akan semakin baik dan tidak cepat rusak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akibat Mengisi Bahan Bakar Saat Terik Matahari

Sebaiknya kita menghindari mengisi bahan bakar pada waktu matahari sedang terik. karena pada saat itu, suhu bumi sedang meningkat akibat panas dari matahari, dan terjadi aliran konveksi pada deposit bahan bakar di dalam tangki penyimpanan. Konveksi merupakan perpindahan panas melalui zat cair, jadi bisa Anda bayangkan perpindahan panas ini seperti air mendidih dalam panci. Jika dalam air terdapat endapan, maka endapan-endapan itu akan melayang dan berputar mengikuti perputaran panas dalam panci.

Dalam bensin juga terdapat endapan yang sama, jika kita membeli bahan bakar pada siang hari, kotoran-kotoran yang mengendap itu, kemungkinan besar akan ikut tersedot mesin pengisi BBM. Endapan inilah yang akan mengotori karburasi kendaraan.

3 dari 3 halaman

Hindari Membeli Bahan Bakar Saat SPBU Melakukan Pengisian Deposit

Selain itu, sebaiknya kita menghindari membeli bahan bakar saat SPBU sedang melakukan pengisian deposit, karena endapan yang sama juga terjadi selama pengisian. Seperti ketika kita menuangkan air teh ke dalam gelas yang telah berisi, ampas teh yang semula diam di bawah akan naik melayang-layang. Jika saat itu kita membeli bensin, maka endapan dalam tangki penyimpanan juga akan tersedot mesin pengisi BBM.

Keuntungan lain jika kita mengisi bahan bakar saat suhu rendah adalah tingkat densitas bahan bakar akan lebih tinggi. Densitas adalah tingkat kerapatan atau kepadatan suatu zat. Dengan kata lain, jika kita membeli bensin pada saat suhu dingin, kita akan mendapat jumlah bensin yang lebih banyak dibandingkan saat suhu panas.

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.