Sukses

Orang Korea Rayakan Ulang Tahun Dua Kali dalam Setahun

Korea Selatan punya metode cara yang unik untuk meghitung usia dan hari ulang tahun seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Hari ulang tahun akan selalu dirayakan dan diidentikkan dengan hari lahir kita. Sebagai tanda bertambahnya usia, perayaan hari ulang tahun menjadi hal biasa yang kerap dilakukan. Namun, sistem usia di Korea Selatan punya cara berbeda untuk merayakan ulang tahun seseorang.

Di Korea Selatan, usia seseorang selalu ditambahkan satu tahun. Selain itu, mereka juga bisa merayakan dua kali ulang tahun dalam setahun.

Kok bisa ya? Berikut ini penjelasannya.

Ada dua hari ulang tahun di Korea Selatan, salah satu hari merujuk pada tanggal asli seseorang dilahrikan. Sedangkan tanggal yang lain disebut dengan tanggal lahir Korea (eunmyok saengil) yang mengacu pada Tahun Baru Imlek.

Jadi, setiap anak yang dilahirkan di Korea Selatan, selalu dianggap berusia satu tahun. Setelah seorang anak lahir, maka masyarakat Korea akan menganggap bayi itu sudah berusia satu tahun dalam masa kandungan.

Kemudian setiap menjelang hari perayaan Tahun Baru Imlek, anak tersebut akan bertambah satu tahun lagi. Jadi, kamu bisa mendapat usia satu atau dua tahun lebih tua ketika Tahun Baru Imlek.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara mudah tahu usia Korea

Lucunya, jika seorang bayi dilahirkan pada tanggal 15 Februari 2018 atau lahir sehari sebelum hari perayaan tahun baru imlek yang jatuh pada 16 Februari 2018 mendatang.

Maka anak itu akan dianggap berusia dua tahun menurut perhitungan usia Korea. Jadi, anak baru berusia satu hari, bisa dianggap berusia dua tahun di Korea Selatan.

Mengutip Quartz, selama ratusan tahun masyarakat Korea punya metode tersebut untuk menghitung usia seseorang.

Sebenarnya, perhitungan tersebut bermulai dari negara asal Tiongkok sebelum menyebar ke wilayah Asia lainnya. Namun, hingga kini hanya tersisa Korea Selatan saja yang masih menggunakan metode tersebut.

Metode mudah untuk mengetahui usia Korea yakni dengan melakukan pengurangan tahun ini dengan tahun lahirmu lalu hasilnya di tambah satu ((tahun ini-tahun lahir) + 1 = usia Korea). Unik bukan?

 

3 dari 3 halaman

Usia dianggap penting

Walaupun begitu di Korea Selatan sendiri, usia seseorang dianggap benar-benar sangat penting. Mereka merefleksikan usia dalam hubungan masyarakat karena bagi mereka, menghormati orang yang lebih tua daripada kita merupakan hal krusial.

Mereka juga terbiasa melakukan persembahan dan upacara ritual terhadap roh leluhur. Biasanya upacara tersebut akan memberikan hormat dengan cara membungkuk kepada para orang-orang lansia dan leluhur.

Sebagai gantinya cara ini dipercaya dapat memberikan anugerah berupa keberuntungan. Selain itu, lazimnya para junior atau orang-orang yang lebih muda akan diberikan uang atau hadiah.

Walaupun mereka lebih mempertimbangkan usia Korea dibandingkan dengan usia asli. Namun, biasanya pihak sekolah tetap membutuhkan usia asli mereka.

Selain itu, untuk membeli rokok dan alkohol biasanya orang-orang akan lebih menanyakan usia Korea mereka ketimbang usia asli mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul
    Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul

    Korea Selatan

  • Dalam beberapa kebudayaan, memperingati ulang tahun seseorang biasanya dirayakan dengan mengadakan pesta ulang tahun dengan keluarga.

    ulang tahun