Sukses

Bikin Jera, Mobil Parkir Sembarangan Ditutupi Sampah Warga

Liputan6.com, Jakarta Di mana pun tempatnya parkir mobil sembarangan merupakan hal yang dapat menganggu orang lain. Tidak hanya menyusahkan, masalah parkir sembarangan juga mengganggu baik pengguna jalan lain hingga masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, tindakan ini kerap disebut menganggu ketertiban umum dan merugikan orang lain. Kesadaran para pemilik yang kurang tertib di tempat-tempat umum, menjadikan sejumlah masyarakat berinsiatif melakukan hukuman sosial. 

Di Filipina ada cara unik untuk menyadarkan pelaku yang parkir sembarangan. Cara yang mereka lakukan yakni menaruh tumpukan sampah di area sekitar mobil.

1 dari 3 halaman

Inisiatif warga untuk memberikan hukuman

Banyaknya orang-orang yang parkir sembarangan di Kota Baguio, membuat masayrakat menjadi geram. Bahkan tempat-tempat yang dilarang untuk parkir seperti area pembuangan sampah kerap kali menuliskan papan peringatan, agar orang-orang tak parkir di sana. Namun, sepertinya peringatan itu selalu diabaikan.

Karena mobil itu menghalangi, warga sekitar menjadi kesulitan untuk membuang sampah. Namun akal para warga tak berhenti sampai situ. Untuk membuat sang pemilk mobil menjadi sadar, mereka sengaja menaruh sampah di sekitar mobil.

Menurut pihak berwenang setempat, tak ada yang mengklaim untuk mendorong masayrakat melakukan tindakan tersebut. Bisa jadi aksi itu disadari sebagai tindakan inisiatif dari warga sendiri, supaya bisa memberikan pelajaran kepada pemilik mobil. Biasanya setelah warga melakukan hukuman itu, pemilik mobil langsung merasa sadar dan mengakui kesalahan mereka.

2 dari 3 halaman

Sempat viral, hukuman sosial pada orang yang parkir sembarangan di Brazil

Sebelumnya, di Brazil ada kejadian serupa ketika seorang pemilk mobil memarkirkan mobilnya di tempat khusus disabilitas. Kelompok sosial yang menyadari hal itu, langsung membuat jera sang pemilk dengan menaruh catatan post-it biru yang bisa ditempel pada mobil.

Akhirnya sejumlah ratusan catatan biru itu tertempel pada mobil yang parkir sembarangan. Pemilik mobil yang terkejut mobilnya diperlakukan seperti itu menjadi naik pitam. Kemarahannya ia tunjukan di depan orang-orang yang melintas direkam oleh banyak orang. Dengan cepat video sang pemilik mobil yang marah menjadi viral.

Tentunya, tindakan sosial itu bisa membuat para pemilik parkir mobil yang sembarangan menjadi jera. Di negara-negara lain, biasanya pihak berwenang membuat tiket peringatan semacam denda untuk mengatasi masalah parkir. Sehingga orang-orang yang parkir bisa lebih sadar dan tertib untuk tidak menganggu keamanan dan kenyamanan umum.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Salut, Pria Ini Kembalikan Sampah yang Dibuang Polisi ke Jalanan
Artikel Selanjutnya
Aturan Ganjil-Genap Perlu Diterapkan pada Sepeda Motor