Sukses

Terungkap, Ternyata Ini Perbedaan Telur Ayam Cokelat dan Putih

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda jeli saat membeli telur, Anda akan melihat dua varietas telur yang memiliki warna berbeda: telur putih dan telur cokelat. Nah, pernahkah Anda bertanya-tanya apa perbedaan antara kedua jenis telur ini?

Banyak orang menganggap telur ayam yang berwarna cokelat lebih bergizi dibanding yang berwarna putih. Sebagian orang menganggap, telur putih rasanya lebih enak ketimbang telur berwarna cokelat. Singkatnya, orang-orang percaya bahwa telur ayam yang cokelat baik untuk kesehatan sementara yang putih rasanya enak.

Namun benarkah demikian? Jawabannya, tidak ada perbedaan mendasar antara keduanya. Perbedaan warna tersebut ternyata dikarenakan perbedaan ayam betina yang menetaskan kedua telur itu.

Telur cokelat biasa ditetaskan oleh ayam betina dengan daun telinga merah atau cokelat. Sebaliknya, telur ayam yang berwarna putih ditetaskan oleh ayam betina dengan daun telinga putih.

 

1 dari 2 halaman

Faktanya

Faktanya, rasa dan jumlah nutrisi yang ditemukan pada telur yang putih dan cokelat sebenarnya sama. Perbedaannya hanya terletak pada warna cangkang telurnya.

Di sisi lain, ayam dengan daun telinga merah biasanya berukuran lebih besar. Biasanya, petani menghabiskan lebih banyak makanan untuk ayam jenis ini. Ini pula yang menyebabkan telur ayam yang cokelat harganya lebih mahal ketimbang yang putih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Setelah Beras, Emak-Emak di Bangkalan Mengeluh Harga Ayam Naik
Artikel Selanjutnya
Tiga Sop Ayam Murah dan Enak, Mana yang Terbaik?