Sukses

Belum Punah, Ini 5 Teknologi Jadul yang Masih Banyak Digunakan

Liputan6.com, Jakarta - Di era modern seperti sekarang, manusia butuh teknologi untuk mempermudah pekerjaannya. Perkembangan teknologi pun tidak terbendung lagi karena hampir setiap bulan, ada saja teknologi baru yang diperkenalkan ke dunia. Teknologi tersebut pun dirancang sangat canggih, juga menggunakan versi terbaru untuk mengganti versi yang lama.

Namun, apa jadinya jika teknologi yang ada saat ini masih outdated alias jadul? Masih bisa berfungsi enggak sih untuk membantu pekerjaan manusia? Berikut teknologi jadul tapi masih saja digunakan hingga sekarang.

1. Pager

Menurut The Guardian, pager menjadi salah stau teknologi jadul yang masih digunakan di United Kingdom. Meskipun jadul, ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan teknologi ini. Seperti desainnya yang kokoh dan baterainya yang tahan lama. Kalau dibandingkan dengan smartphone, pager masih jauh lebih unggul dari segi ketahanan baterainya.

 

1 dari 5 halaman

2. Kaset Tape

8 tahun yang lalu, tape mungkin masih populer di kalangan masyarakat. Namun, tidak lagi kalau dibandingkan sekarang ya. Mau dengar MP3? Kamu bisa putar Joox, Spotify, atau bahkan memutar siaran radio lewat smartphone.

Meskipun begitu, pemilik audio nasional bernama Steve Stepp mengungkapkan kalau dia berhasil menjual 100.000 kaset tape di tahun 2016. Which means tape masih banyak digunakan oleh masyarakat.

2 dari 5 halaman

3. Nokia 8210

Popularitas dari ponsel “tahan banting” mulai memudar karena hadirnya Android atau iPhone yang lebih canggih. Namun, masih ada orang atau instansi yang memanfaatkan ponsel“tahan banting” untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari.

Salah satu ponsel tahan banting tersebut adalah Nokia 8210. Menurut Vice, ponsel ini masih diminati karena permainan ularnya yang jarang sekali ditemukan di smartphone zaman sekarang.

3 dari 5 halaman

4. Disket

Untuk menyimpan dan mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain, hadir yang namanya floppy disk atau disket. Media penyimpanan ini kian populer di tahun 1960-an dan masih tetap digunakan hingga sekarang. Momen yang terjadi dalam hidupmu, baik foto maupun video, keduanya bisa kamu rekam ke dalam sebuah disket dan menyimpannya baik-baik sebagai kenangan.

4 dari 5 halaman

5. Mesin Fax

Di era modern seperti ini masih saja pakai mesin fax? Jadul-jadul gini masih banyak digunakan di rumah sakit di Amerika, lo. Mesin fax ini biasanya digunakan untuk metransfer data-data para pasien ke rumah sakit yang berbeda. Mulai dari identitas, jenis penyakit, hingga obat yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan.

Memang sih terbilang jadul, tapi fungsinya enggak kalah hebatnya kalau dibandingkan dengan teknologi digital. Lagipula, pengiriman dengan mesin fax juga sangat aman dan jarang sekali tersebar ke klien lainnya.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/tips/teknologi-jadul-masih-dipakai/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Huawei Bakal Umumkan Teknologi Pengisian Daya dalam 5 Menit
Artikel Selanjutnya
10 Gadget Usang Ini Paling Keren pada Masanya