Sukses

Salah Satu yang Tertinggi di Dunia, Patung Yesus Memberkati

Dulu patung ini sempat memegang rekor sebagai patung Yesus tertinggi di Indonesia. Sekarang, siapa lebih tinggi?

Liputan6.com, Manado Patung Yesus ini dulunya adalah patung Yesus tertinggi di Indonesia. Tingginya 30 meter, dengan alas setinggi 20 meter.

Patung ini terletak di daerah perbukitan Citraland, Winangun, Manado, Sulawesi Utara. Karena keistimewaannya, patung ini tercatat di Museum Rekor Indonesia sebagai patung Yesus tertinggi di Indonesia pada Desember 2007. Sebelumnya, rekor patung Yesus tertinggi ada di timur Lorosae dengan ketinggian 27 meter.

Selain ukurannya, patung Yesus juga istimewa karena posenya yang unik. Kedua tangan Yesus terangkat tinggi di udara, bagaikan sedang memberkati Kota Manado. Jubahnya bagai tertiup angin kencang, karena posisinya yang menjulang tinggi di atas bukit. Posisi berdiri dibuat miring dengan kemiringan 20 derajat, seperti melayang di udara. 

Saat Liputan6 berkunjung ke gardu pandang untuk melihat patung ini secara utuh, pada 9 Januari 2018 dalam rangkaian acara Oppo #OPPOSelfieTourWithF5 di #TourdeManado, sayangnya langit sedang mendung. Jika cerah, kita dapat melihat jajaran perbukitan di belakangnya.

Patung ini sama tinggi dengan patung Yesus paling terkenal, Kristus Sang Penebus di Rio de Janeiro, Brasil. Jika dihitung dengan alasnya, patung di Manado jauh lebih tinggi karena alas patung Yesus di Brasil hanya 8 meter. 

Lebih dari satu dekade setelah pembangunannya, patung ini sudah bukan lagi patung Yesus tertinggi di Indonesia. Namun, dia masih masuk ke dalam jajaran patung tertinggi di Indonesia dan bahkan di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patung Yesus tertinggi di Indonesia

Siapa yang bisa membangun patung Yesus paling tinggi, paling besar, paling megah, bagai menjadi tantangan yang tak kunjung usai. Di Indonesia maupun di dunia, Indonesia punya beberapa patung Yesus dengan tinggi luar biasa. 

Patung Yesus Buntu Burake di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, kini mengklaim sebagai patung Yesus tertinggi di dunia. Patung yang terbuat dari cor-coran perunggu ini memiliki tinggi badan sekitar 45 meter. Meski pembangunan belum 100 persen selesai. Namun, destinasi wisata religi ini sudah ramai dikunjungi wisatawan.

Di Papua, pemerintah provinsi berencana membangun patung Yesus senilai Rp 500 miliar. Persiapan pembangunan patung di Gunung Sowaja, Kota Jayapura, akan mulai dikerjakan dan diharapkan selesai sebelum 2020. Patung yang akan menghadap ke Samudra Pasifik ini nantinya akan menjadi patung Yesus tertinggi di dunia. Tingginya 75 meter dan direncanakan untuk dibangun berlapis emas.

Tak semua usaha membangun patung Yesus berhasil lancar. Agustus 2017 lalu, dua terdakwa divonis 15 tahun penjara karena terbukti ‎korupsi dalam pengerjaan konstruksi pembuatan patung Yesus di Desa Simorangkir, Tapanuli Utara, Sumatra Utara. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.