Sukses

Praktik Kerja Magang bagi Mahasiswa, Penting atau Tidak?

Ternyata magang bisa berguna banyak untuk mahasiswa

Liputan6.com, Jakarta Beberapa Universitas di Indonesia mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan praktik kerja magang, agar mereka dapat merasakan dunia kerja yang nyata. Namun ada pula beberapa universitas yang memberikan kebebasan pada mahasiswanya, ingin melakukan praktik kerja magang atau tidak.

Mahasiswa yang diberi kebebasan untuk melakukan praktik kerja magang atau tidak, seringkali bingung dan bertanya-tanya apakah praktik kerja magang akan sangat berguna untuk dirinya atau tidak. Berikut jawaban dari kebingungan tersebut:

1. Pengalaman

Melakukan praktik kerja magang dalam suatu perusahaan, instansi, dan sebagainya, tentu merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk bekerja langsung dalam lingkungan kerja yang nyata. Hal ini tentu akan menjadi pengalaman bagi mahasiswa untuk merasakan bekerja secara profesional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lainnya

2. Membangun Karier

Selain menambah pengalaman, praktik kerja magang juga membantu mahasiswa membangun karier ke depannya. Terutama ketika bidang kerja magang yang diambil sejalur dengan bidang kerja yang hendak ditempuh saat lulus kuliah.

3. Menambah Jaringan

Selain menambah skill, praktik kerja magang juga sangat berguna untuk mahasiswa menambah jaringan atau koneksi dan referensi baru bagi dirinya. Saat melakukan kerja magang, mahasiswa tentu akan lebih banyak bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang yang telah berpengalaman dalam dunia kerja.

So, masih bingung mau coba praktik kerja magang atau tidak?

 

Penulis:

Alca Octaviani

Universitas Multimedia Nusantara

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.