Sukses

Sehari di Manado, Makan Apa?

Liputan6.com, Jakarta Manado adalah surganya makanan lezat.Berkunjung ke Manado adalah berwisata kuliner. Ada banyak sekali makanan super lezat yang bisa ditemukan di Manado. Tapi jika hanya berada di Manado dalam waktu singkat, apa yang harus dipilih?

Liputan6 dan Oppo berada di Manado untuk #OPPOSelfieTourWithF5 di #TourdeManado, termasuk mencicipi aneka makanan dan berikut ini rekomendasi kami.

Makan pagi

Nasi kuning Seroja, JL Diponegoro 9, ManadoNasi kuning Seroja adalah rumah makan yang nampak sederhana. Dari luar mungkin pengunjung tidak akan menyangka bahwa nasi kuning yang dijual di sini adalah andalan. Nasi kuning dihidangkan dengan lauk daging, kentang dan abon, dan sebutir telur. Nasi kuningnya harum dan gurih, dipadu rasa daging yang manis. 

Yang membuatnya spesial adalah sambal yang melengkapi hidangan ini. Pedasnya membuat tak ingin berhenti makan. Tak terasa, satu porsi nasi kuning yang cukup banyak pun tandas.

1 dari 3 halaman

Makan siang

Rumah Makan Dabu-dabu Lemong, JL Boulevard DuaRestoran ini terletak di tepi pantai, di sebuah pondak terbuka di tepi laut. Dengan letaknya yang di tepi laut, makanan andalan di tempat ini adalah ikan bakar. Ada kakap, tuna, goropa, marlin dan lain-lain. Ikan favorit di restoran ini adalah marlin bakar. 

Saat tiba, pengunjung dapat memilih ikan yang diinginkan, besarnya, dan akan dimasak dengan cara apa. Kemudian kita harus menunggu dalam waktu yang agak lama sampai pesanan tiba. Favorit saya adalah ikan kuah asam manis yang segar. Ikan bakar dan ikan goreng yang disajikan segar dan lezat, tanpa ada rasa amis yang sering muncul dalam olahan ikan. Padahal nampaknya tidak banyak bumbu yang digunakan. Tentu saja semua makanan ini dilengkapi dengan sambal khas Manado.

2 dari 3 halaman

Makan malam

Wisata Bahari di Bahu Mall Complex

Restoran Wisata Bahari terletak di tepi pantai, dan pengunjung bisa makan sambil melihat pemandangan laut dan Gunung Manado Tua. Tak hanya pemandangan yang indah, makanan di tempat ini sangat lengkap dan lezat. Seperti namanya, menu andalan di tempat ini adalah makanan laut. Sebaiknya datang dengan rombongan, agar makin banyak menu makanan yang bisa dipilih dan dicoba. Di sini kita bisa memilih seafood segar, memilih cara memasaknya, dan tinggal menunggu hidangan siap.

Kami memesan aneka ikan, udang, cumi, kepiting yang dimasak dalam beraneka cara dan aneka bumbu. Ada ikan bakar, goreng, udang asam manis, kepiting saus padang, dan lain-lain. Perkedel jagung di Wisata Bahari juga sangat lezat, digoreng crispy tapi tidak kering. Kami juga memesan makanan pelengkap lain seperti sayur bunga pepaya, tahu pedas, dan sate daging sapi. Semua makanan makin nikmat disantap dengan sambal pedas dan sambal dabu-dabu. Jika tak suka atau alergi makanan laut, Mawar Sharron di JL Kolonel Sugiono bisa menjadi alternatif. Restoran ini terkenal dengan ayam gorengnya yang dipadukan dengan sambal yang tidak terlalu pedas. Ayamnya sangat lezat dengan bumbu yang merasuk dan digoreng dengan baluran sedikit tepung di luarnya.Selain makan pagi, siang dan malam, jangan lupa makan aneka snack khas Manado seperti panada roti isi cakalang dan pisang colo-colo, yaitu pisang goreng yang dicocol dengan sambal. Ada pula lalampa, ketan serupa lemper yang diisi ikan. Kudapan manis juga banyak dijumpai, seperti balapis, kue cucur dan onde-onde Manado yang berbentuk seperti klepon. Selamat mencoba!

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
6 Alasan yang Membuat Aeon Mall Garden City Berbeda
Artikel Selanjutnya
Jejak Pertama Travel Blogger Kadek Arini di Banjarmasin, ke Mana?