Sukses

Minuman Soda, Rahasia Umur Panjang Nenek 104 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Seorang nenek yang usianya 104 tahun mengklaim bahwa rahasia umur panjangnya adalah minum diet soda tiap hari. Theresa Rowley dari Grand Rapids, Michigan, menyampaikan hal tersebut tepat saat merayakan ulang tahunnya pada 01 Januari lalu.

Wanita itu mengaku mengonsumsi setidaknya satu kaleng soda sehari. Tak ada alasan khusus bagi Theresa, semata-mata ia meminum minuman soda karena ia menyukainya.

"Aku meminumnya karena aku suka. Aku biasanya belanja pada hari Rabu untuk stok satu minggu," tukas Theresa seperti dilaporkan oleh WZZM.

Minuman diet soda pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat pada tahun 1982. Pada saat itu, Theresa telah berusia 68 tahun.

Meski begitu, para ilmuwan tak setuju bahwa minuman bersoda itu telah membantunya memiliki umur panjang. Banyak penelitian yang mengaitkan diet soda dengan obesitas, diabetes, stroke, dan demensia.

 

1 dari 2 halaman

Ditentang ilmuwan

Minuman diet soda masih menimbulkan perdebatan bagi para ilmuwan. Ini dikarenakan produk diet modern seperti diet soda dapat membuat tubuh manusia mengalami kebingungan. Minuman berkalori rendah tapi tetap memiliki rasa manis seperti versi normal dapat menyebabkan metabolisme rusak karena ketidakcocokan pada tubuh.

Periset di Universitas Yale mengatakan sejatinya, rasa manis memberikan sinyal adanya energi, sehingga makin manis rasanya, berarti makin banyak kalori yang dikandungnya. Penelitian lain juga menunjukkan orang dewasa yang mengonsumsi setidaknya satu kaleng diet soda sehari, memiliki risiko stroke atau demensia tiga kali lebih tinggi ketimbang yang tidak.

Para ilmuwan mengatakan bahwa minuman diet soda seharusnya tak lagi dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat ketimbang minuman soda biasa. Jika ingin sehat, akan lebih baik bila orang-orang meminum air putih atau susu ketimbang minum diet soda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Utama Datangnya Uban di Usia Muda
Artikel Selanjutnya
Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Apa Saja?