Sukses

Tak Keluar Banyak Uang, Basmi Plak di Gigi dengan 6 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki gigi yang putih adalah dambaan setiap orang. Sayangnya, ada banyak hal yang bisa membuat gigi terlihat tidak sehat seperti merokok, kafein, perawatan gigi yang tak teratur. Kebiasaan tersebut dapat membuat plak menumpuk di gigi.

Jika Anda ingin membersihkan plak di gigi dengan bahan-bahan yang alami, cara berikut dapat membantu Anda.

1. Kulit jeruk

Setelah Anda makan jeruk, gosok kulit jeruk ke gigi Anda. Setelah Anda selesai menggosoknya selama beberapa menit, cukup bilas dengan air.

Ini merupakan cara yang mudah membersihkan karang gigi. Cara ini juga dapat memutihkan gigi, membantu mencegah noda di gigi akibat kebiasaan minum kopi dan merokok, serta melawan bakteri.

2. Biji wijen

Ambillah segenggam biji wijen lalu dikunyah selama beberapa menit dan ludahkan. Setelah itu gunakan sikat kering untuk membuang sisa bebijian di gigi Anda. Cara ini dapat membersihkan gigi, menghapus plak dengan lembut karena berfungsi sebagai scrub di gigi.

 

1 dari 3 halaman

3. Baking soda

Baking soda juga dapat digunakan sebagai scrub alami. Caranya, campur satu sendok makan baking soda dengan sedikit garam, kemudian celupkan sikat gigi yang telah dibasahi pada campuran tersebut, dan sikat gigi seperti biasa.

4. Pasta sayuran dan buah

Membuat pasta dari campuran buah dan sayur yang mengandung vitamin C adalah cara yang cepat dan mudah untuk mencegah plak di gigi Anda. Cukup campurkan tomat, stroberi, jeruk, dan hancurkan menjadi pasta, kemudian oleskan di permukaan gigi.

Tunggu sekitar 5-6 menit, kemudian bilas. Ini akan membantu menyegarkan napas serta membunuh bakteri di mulut Anda.

 

2 dari 3 halaman

5. Lidah buaya dan gliserin

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat pasta gigi alami dari campuran lidah buaya dan gliserin yaitu: satu cangkir air, 1/2 cangkir baking soda, 1 sdt gel lidah buaya, 4 sdt gliserin sayur, 1 sdt minyak lemon esensial.

Campurkan bahan-bahan tersebut kemudian sikat gigi Anda dengan bahan itu. Niscaya, gigi Anda akan tampak lebih putih, lebih sehat, lebih bersih.

6. Cuka

Cara yang satu ini mungkin tidak disukai oleh banyak orang karena rasanya yang tak enak. Tapi cara ini dapat membersihkan gigi tanpa menyebabkan kerusakan.

Bahan yang Anda butuhkan yaitu: 2 sdm cuka, 1 sdm garam, 4 onz air. Campurkan semua bahan, kumur-kumur, dan bersihkan. Ulang selama beberapa hari untuk efek maksimal.

Selamat mencoba!

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Penting, Berapa Lama Seharusnya Anda Mengganti Sikat Gigi?
Artikel Selanjutnya
Sikat Gigi Manual Tidak Lebih Baik dari Elektrik?