Sukses

Waktu Terlarang untuk Tidur di Pesawat, dan 5 Kiat Lainnya

Liputan6.com, Jakarta Naik pesawat terbang mungkin terdengar menakutkan bagi orang yang belum pernah naik. Namun, bagi orang-orang yang telah berulang kali naik pesawat hal tersebut bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Tetapi dibalik itu, sebenarnya ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan ketika kita dalam pesawat. Selain peraturan yang perlu dipatuhi oleh setiap penumpang, ada juga sejumlah tindakan yang perlu diperhatikan.

Melansir Shared, Rabu (10/1/2018) berikut ini merupakan sejumlah hal yang harus dipertimbangkan saat kamu berada di pesawat.

1. Tertidur saat lepas landas atau mendarat

Tak menjadi masalah jika kamu tidur saat pesawat sedang terbang di udara. Namun, sangat tak dianjurkan untuk tidur dalam keadaan pesawat mulai lepas landas atau tengah melakukan pendaratan.

Hal ini disebabkan karena kamu akan mendapat sakit kepala ketika terjadi pergantian tekanan udara saat lepas landas ataupun melakukan pendaratan. Membuka mulut dan menggerakannya dianggap dapat mengurangi rasa sakit ketika dua hal itu terjadi.

Biasanya orang-orang kerap menggonsumsi permen karet untuk menghindari sakit kepala ketika lepas landas dan mendarat pesawat.

1 dari 3 halaman

2. Minum soda

Jika soda menjadi minuman itu kegemaranmu, ada baiknya untuk mempertimbangkan kembali pilihan minumanmu di saat pesawat tengah mengudara. Pergantian tekanan yang kerap terjadi dapat mengakibatkan gas dalam tubuh berkembang sebesar 25 persen.

Minum soda akan membuatmu merasa tak nyaman karena dapat memberikan dampak mual serta perut kembung. 

3. Terlalu lama duduk

Perjalanan yang terlalu lama dan panjang dapat membuatmu duduk secara terus-menerus, Selain itu, tidak hanya membuatmu bosan tapi terlalu lama duduk juga memberikan efek pegal.

Terlalu lama duduk juga dapat menyebabkan adanya pembekuan darah pada kaki yang disebut dengan deep vein trombosis (DVT) atau biasa disebut dengan 'sindrom kelas ekonomi' yang umum terjadi pada banyak penumpang.

Ada baiknya kamu bisa berdiri sebentar untuk meregangkan tubuh supaya tak terlalu lama duduk dalam pesawat.

2 dari 3 halaman

4. Menggunakan softlens

Menjaga penampilan wajahmu memang penting untuk dilakukan, tetapi jika kamu terlalu lama menggunakan softlens dalam perjalanan panjang di pesawat, hal ini pasti tak membuatmu merasa nyaman.

Udara dalam pesawat dapat membuat mata menjadi kering dan mudah iritasi. Hal ini dapat bertambah buruk apabila kamu menggunakan softlens.

Pastikan untuk membawa kacamata saat di pesawat apalagi ada kemungkinan besar jika kamu tertidur di saat perjalanan.

5. Minum air

Biasanya para pramugari menawarkan banyak minuman untuk para penumpang. Tapi minuman yang paling tepat untuk dikonsumsi saat di pesawat ialah air putih.

Akan sangat penting untuk menghindari dehidrasi dalam pesawat. Pramugari bahkan bisa minum lebih dari 480 mililiter air agar mereka tetap terhidrasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Boeing 737 Nyaris Terperosok ke Jurang di Turki, Picu Kepanikan
Artikel Selanjutnya
Sapi Nyelonong ke Bandara India, 2 Jadwal Penerbangan Batal