Sukses

Wajib Dicoba, Bisnis Mudah untuk Mahasiswa

Banyak bisnis kecil yang bisa dilakukan mahasiswa meskipun masih kuliah

Liputan6.com, Jakarta Sebagai mahasiswa, sudah seharusnya Anda mulai belajar mandiri, terutama dalam mengelola keuangan. Tenaga lebih yang kamu miliki, seperti keterampilan, waktu, sebaiknya dimanfaatkan untuk hal yang lebih positif, seperti bekerja dan memulai bisnis kecil. Lalu, apa saja bisnis atau pekerjaan yang bisa kamu lakukan, meskipun masih aktif kuliah?

1. Menjadi Driver Online

Siapa yang tidak tahu ojek online? Dengan hanya modal sepeda motor yang biasa kamu gunakan untuk berangkat ke kampus, lengkap dengan surat–surat kendaraan, kamu sudah bisa mencari pundi rupiah untuk uang saku.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bisnis Makanan Ringan

Bagi mahasiswa yang suka ngemil, bisnis ini cocok dijadikan usaha untuk dijual di kelas. Kamu bisa membeli makanan ringan di toko snack dan bawa untuk dijual lagi ke teman–teman sekelas dengan harga lebih. Karena makanan ringan tidak mudah basi, jadi jika tidak habis bisa dibawa pulang kembali untuk dijual lagi keesokan harinya.

3. Jasa Desain

Jago mengedit? Keterampilan ini bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang bisnis. Contohnya seperti membuat desain baju, stiker, poster, dan lainnya. Selain menghasilkan pundi–pundi rupiah, kemampuan yang kamu miliki secara otomatis akan semakin terasah.

3 dari 3 halaman

4. Jasa Printing

 

Kalau punya printer di rumah, manfaatkan untuk bisnis jasa printing tugas. Tugas teman hanya perlu dikirim lewat email, dan kamu tinggal mencetaknya di rumah, dan dibawa keesokan harinya saat tugas harus dikumpulkan. Mudah bukan? Tapi jangan terlambat datang.

5. Berjualan Pulsa

Bisnis ini merupakan bisnis yang paling mudah, hanya perlu handphone dan modal awal yang sangat terjangkau. Tapi ingat, jika mencoba bisnis ini, anda harus jauhi kata “aku utang dulu yaa”. Karena keuntungan bisnis ini sangat minim, maka harus pintar dalam mengelolanya.

 

Penulis:

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.