Sukses

Tukang Jam Ciptakan Kipas Angin yang Tak Butuh Listrik

Seorang pembuat jam tangan berhasil menciptakan kipas angin yang tak butuh listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pembuat jam tangan berusia 69 tahun dari Lucena City, Filipina, berhasil menciptakan kipas angin yang tak butuh listrik. Pria bernama Ramon Salva itu hanyalah seorang lulusan sekolah dasar dan telah bekerja memperbaiki jam selama 50 tahun belakangan.

Namun, hal itu tidak menghentikannya membuat terobosan dengan penemuan kipas angin hemat listrik. Proyek yang disebut SalFan itu diciptakan dengan menggunakan mekanisme clockworm.

Pengalamannya sebagai pembuat jam membuat dia menguasai keahlian yang mengkonseptualisasikan SalFan pada tahun 1996. Akan tetapi karena keterbatasan biaya, ia tak bisa menyelesaikan proyek tersebut secepatnya.

Tak heran, butuh waktu lebih dari 20 tahun baru ia bisa menyelesaikan kipas angin tersebut.

Salfan sendiri berasal dari suku kata pertama dari nama keluarganya, sementara 'fan' berarti kipas angin. Dengan pengamatan Ramon yang tajam, mekanisme kipas yang ia ciptakan sangat mirip dengan arloji, tapi tanpa baterai.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Meski bangga dengan apa yang ia ciptakan, Ramon mengaku tak mampu membeli suku cadang yang dibutuhkan untuk memperbaiki penemuannya. Ia juga tak bisa mendaftarkan paten untuk proyeknya di pemerintahan.

Hal ini dikarenakan, jarak dari tempat tinggalnya ke Manila telah menjadi penghalang agar karyanya bisa dikenali. Pada salah satu acara tv, Sunday ABS CBN, ia mengungkapkan bahwa uang yang bisa digunakan untuk ongkos, selalu berakhir dengan digunakan untuk memberi makan keluarga dengan 10 anak.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Beruntung, acara tersebut membantu pria itu membawa temuannya ke kantor Institut Aplikasi dan Promosi Teknologi (TAPI) di Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (DOST), Taguig, Filipina. Menurut Senior Spesialis Riset Ilmu Pengetahuan, Janeth Cruzada, masih banyak yang harus dilakukan untuk mendaftarkan penemuan itu. Proses pendaftaran paten tersebut termasuk bukti bahwa temuan Ramon tidak identik dengan penemuan lain di seluruh dunia.

Di sisi lain, Ramon percaya diri bahwa penemuannya adalah yang pertama di dunia. Ia memiliki harapan tinggi bahwa pengabdiannya bertahun-tahun pada akhirnya akan bermanfaat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.