Sukses

Ingin Terhindar dari Sifat Boros? Coba Cara Ini

Pernah berpikir untuk berhenti menjadi seseorang yang boros? Coba cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu tipe orang yang boros? Pernah berpikir untuk berhenti menjadi seseorang yang boros? Membelanjakan uang dengan cara berlebihan memang tidak baik dan bisa merugikan dirimu sendiri di masa depan. Agar masa depanmu tak suram, kamu harus pintar mengelola keuangan. Nah, ada beberapa tips agar kamu bisa mengatur keuangan dengan baik dan terhindar dari kata boros.

1. Catat pengeluaran

Atur keuanganmu, catat apa saja pengeluaran yang dibutuhkan, dan kesampingkan apa yang diinginkan. Misalnya, kamu bisa mencatat kebutuhanmu dalam sehari, seperti makan tiga kali, ongkos bepergian kerja atau ke kampus, serta perkirakan pengeluaran untuk tugas kuliah mingguan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Punya ATM Lebih

Buatlah ATM lebih dari satu. Anggaplah salah satu ATM-mu adalah wadah untuk menabung. Simpanlah salah satu ATM tersebut di rumah, agar ketika kamu sedang bermain di mal, uang tabunganmu tetap aman.

3. Tabungan Investasi

sisihkanlah 10 persen uang dari jajan atau pendapatan bulananmu, pakailah jika sewaktu-waktu jika uang peganganmu habis. Namun, sebaiknya diusahakan agar tabungan ini tidak kamu pakai walau mendesak.

3 dari 3 halaman

4. Jangan Lapar Mata

Jangan lapar mata hanya karena melihat diskon toko offline atapun online. Ini biasa terjadi untuk para shopaholic yang selalu tergiur tawaran-tawaran manis yang mengakibatkan munculnya sifat boros.

 

Penulis:

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.