Sukses

Ujian Otaku hingga Naruto, 5 Sertifikasi Paling Aneh di Jepang

Liputan6.com, Jakarta Jepang memiliki tes untuk hampir semua hal. Di Jepang bahkan terdapat ujian sertifikasi menulis kanji, upacara teh Jepang, merangkai bunga, dan lain-lain.

Namun di antara semua tes tersebut, berikut ujian sertifikasi paling aneh dan tak masuk akal yang pernah diadakan di Jepang seperti dilansir dari Rocketnews24.

1. Ujian sertifikasi padi

Jepang merupakan negara yang sangat menyukai nasi. Hal ini terbukti dari banyaknya makanan mereka yang menggunakan nasi sebagai pelengkap, seperti sushi, onogiri, atau rice bowl. Nah, tahukah Anda bahwa di negara tersebut terdapat ujian sertifikasi padi.

Menurut laman web resmi tentang ujiannya sendiri, ujian sertifikasi padi menguji pengetahuan yang luas tentang berbagai arietas padi, nilai nutrisinya, sejarah, serta interaksinya dengan orang dan bangsa, hidangan yang digunakan, dan makanan yang menyertainya. Salah satu soal dari ujian tersebut misalnya seperti yang berikut ini:

Pada tahun 1978, toko mana yang pertama mulai menjual onigiri?

a. 7-Eleven, b. Lawson, c. Family Mart, d. Seico Mart.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Ujian sertifikasi otaku

Kebanyakan orang tak suka dilabeli sebagai otaku, tapi ada yang menganggap ini sebagai sesuatu yang istimewa sampai-sampai terdapat ujian untuk mengetahui pengetahuan seorang otaku.

Tidak seperti ujian sertifikasi lainnya, ujian ini memiliki tingkat pencapaian sangat rendah, bahkan dibanding ujian masuk Universitas Tokyo. Ujian sertifikasi otaku baru pernah diadakan satu kali pada tahun 2005, kemudian ditiadakan untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan sulitnya pertanyaan yang diajukan.

Berikut contoh bentuk pertanyaannya:

Q: Nama di bawah ini adalah semua karakter utama dari serial Final Fantasy. Jika dimasukkan dalam urutan kronologis, mana yang muncul di nomor #2 dan #5?

Cloud, Firion, Tina, Tidus, Squall, Butz, Cecil, Zidane

 

3 dari 5 halaman

3. Ujian sertifikasi Naruto

Ujian ini terakhir kali diadakan pada Februari 2017, jadi masih ada kemungkinan akan diadakan lagi. Menurut situs resminya, ujian ini akan menguji pengetahuan Anda tentang Naruto dengan pertanyaan tentang adegan, kutipan, profil karakter, nama jutsu, dan masih banyak lagi yang hanya bisa dijawab oleh penggemar sejati Naruto.

Sama seperti di komiknya, terdapat tiga level ujiannya, yaitu: genin, chunin, jonin. Berikut contoh pertanyaannya:

Q: Apa jenis segel yang dipakai Orochimaru pada Sasuke?

a. Bumi, b. Cahaya, c. Surga, d. Kegelapan

 

4 dari 5 halaman

4. Ujian sertifikasi ibu rumah tangga

Apakah Anda menyapu lantai dengan cara yang benar? Belanja dan mencui seefisien mungkin? Anda dapat mengetahui kemampuan Anda dengan mengikuti ujian sertifikasi ini.

Sayangnya, ujian sertifikasi ini tak lagi berjalan secara resmi. Berikut contoh pertanyaannya:

Q: Ke arah mana Anda menyetrika baju?

a. Melawan jahitan di kain, b. Diagonal sampai jahitan di kain, c. Sepanjang jahitan di kain.

 

5 dari 5 halaman

5. Ujian sertifikasi gulat-pro Jepang

Tentunya ini bukan ujian untuk menjadi pegulat pro. Lebih tepatnya, ini merupakan sebuah tes bagi penggemar olahraga untuk memamerkan pengetahuannya pada orang lain. Berikut contoh pertanyaannya:

Q: Pegulat mana yang pandai menari juga memperparah perselisihan mereka dengan Zero-One MAX dan baru-baru ini bergabung dengan K-DOJO sebagai anggota?

a. El Samurai, b. BXB Hulk, c. Yujiro, d. Ryusuke Taguchi

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.