Sukses

Taman Cantik di Austria yang Berubah Jadi Danau Sejernih Kaca

Liputan6.com, Jakarta Alam memang punya cara unik untuk menunjukan betapa menakjubkannya keindahan mereka. Sebuah taman yang berlokasi di kota Tragoess, Austria mengalami perubahan yang memicu decak kagum orang ketika pergantian musim.

Pemandangan permadani hijau rumput akan tertutupi oleh air sebening kristal saat menjelang musim semi hingga ke musim panas. Taman itu bertransformasi besar-besaran menjadi sebuah danau yang indah.

Oleh karena itu, taman tersebut disebut dengan The Grüner See atau danau hijau.

Setiap tahunnya, salju mencair dari gunung Hochswab membanjiri wilayah Grüner See. Walaupun mengakibatkan taman tenggelam, namun keindahan alam dari danau itu semakin terlihat luar biasa.

Air bening merupakan daya tarik dari taman yang semakin membuat orang takjub. Ketika taman tenggelam, para penyelam yang menceburkan diri ke danau bisa melihat pemandangan jalan setapak dengan jelas. Selain itu, bangku dan jembatan kecil juga masih terlihat.

Akar pohon-pohon, bunga, serta rerumputan juga masih tersedia di sana, tak ada yang berubah dari taman tersebut. Satu-satunya perubahan ialah munculnya air yang membanjiri wilayah taman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keindahan yang terjadi disebabkan karena fenomena alam

Penampakan alam yang mencenangkan ini terjadi karena suhu yang naik dan turun sepanjang tahun. Ketika menjelang musim dingin, biasanya air menyurut sehingga hamparan padang rumput serta taman bisa kembali dalam bentuk sediakala.

Kedangkalan air dapat mencapai satu sampai dengan dua meter.  Danau akan mulai menjadi oasis menjelang musim semi tiba. Ketinggian air danau dapat mencapai 12 meter untuk sementara ketika suhu udara mulai meningkat.

Bagi para pengunjung, keindahan dari Grüner See tak boleh sampai terlewatkan. Bahkan, mengabadikan momen dari fenomena alam ini juga jangan sampai terlupakan.

Warna air yang hijau seperti zamrud merupakan salah satu hal yang menakjubkan dari Grüner See. Bagi para penggiat sosmed dan fotografi, pemandangan dari danau hijau disertai latar belakang gunung Hochswab wajib diabadikan.

3 dari 3 halaman

Kemurnian dan kejernihan air harus dijaga

Sebenarnya warna air yang menakjubkan dari danau tersebut memicu perhatian dari para aktivis lingkungan. Mereka khawatir tentang perlindungan dan pelestarian tanah yang tidak baik dapat membuat air menjadi bewarna keruh.

Oleh karena itu, pihak berwenang setempat memutuskan untuk melarang segala macam bentuk olahraga air di Danau Grüner See. Para perenang dan penyelam yang tertarik menceburkan diri ke danau ini juga perlu memperhatikan temperaturnya. Karena air berasal dari salju yang mencair, temperaturnya air danau dapat mencapai 4°C - 8°C.

Walaupun kamu tak berniat menceburkan diri karena air bisa sangat dingin. Namun, keindahan nan menakjubkan dari Grüner See sudah cukup puas memanjakan matamu.

Saksikan Video Menarik di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.