Sukses

Agar Tak Salah Langkah, 4 Hal yang Harus Dilakukan Mahasiswa Baru

Liputan6.com, Jakarta Menjadi mahasiswa memang menjadi impian setiap orang, namun tidak semua siswa yang baru lulus SMA bisa merasakan bangku kuliah. Untuk kamu yang beruntung bisa kuliah, dan sebentar lagi menjadi mahasiswa baru. Berikut beberapa tips agar masa kuliahmu tidak sia-sia.

1. Rumuskan Cita-cita Kamu

Setelah lulus SMA sebaiknya kamu merumuskan tujuan hidupmu, apa tujuanmu kuliah, jurusan apa yang akan kamu ambil dan yang terpenting adalah tentukan apa cita-citamu. Hal ini penting dan menyangkut masa depanmu, karena ketika memiliki cita-cita yang kuat, maka kamu akan memiliki motivasi yang besar untuk merumuskan prinsip-prinsip apa yang harus kita jalani selama kuliah.

1 dari 4 halaman

2. Ketahui Cara Belajar yang Ideal

Pada awal masuk kuliah, sistem pembelajaran baru biasanya akan membuat kita sedikit kesulitan untuk belajar. Maka tentukanlah cara belajar yang paling ideal yang bisa membuatmu nyaman. Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda. Ada yang harus sambil mendengarkan musik, di tempat yang tenang, atau sambil makan cemilan, tergantung kebiasaan orang tersebut.

Namun perlu kamu ketahui, ada beberapa waktu yang cocok agar kamu lebih fokus dan mudah dalam belajar, seperti di pagi hari sekitar jam 5 sampai jam 6 sebelum berangkat kuliah, atau sekitar jam 7 malam sebelum tidur. Pada waktu tersebut, kinerja otak sedang meningkat, sehingga apa yang kita pelajari akan lebih mudah di ingat.

2 dari 4 halaman

3. Pandai Memilih Sahabat

Saat kuliah, kita wajib membangun relasi dengan siapapun. Namun untuk menjadikannya sahabat, kita harus pandai memilih orang yang memiliki kepribadian baik yang bisa mendukung perkembangan kuliahmu agar kamu tumbuh menjadi mahasiswa yang lebih baik.

Termasuk dalam memilih Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai tempat kamu mengasah softskill. Kamu harus mempertimbangkan secara matang UKM mana yang akan kamu pilih, yang sesuai dengan bakat dan minatmu. UKM sangat penting untuk mahasiswa, selain menjalin relasi yang lebih luas, kamu juga bisa belajar berkomunikasi dengan orang lain, serta belajar mengemukakan pendapat saat rapat.

3 dari 4 halaman

4. Jangan Mudah Menyerah

Menjadi mahasiswa tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang masalah datang tanpa bisa kita duga yang bisa membuat kita terpuruk. Untuk itulah, menjadi seorang mahasiswa membutuhkan mental yang kuat agar kita tidak mudah menyerah dan berusaha mencari jalan keluar untuk setiap masalah yang datang.

Masalah tersebut bisa berupa tugas yang mendadak dan sangat rumit, kebutuhan finansial yang tiba-tiba terhambat, serta masalah keluarga yang tentu akan berdampak pada kualitas belajarmu. Saat kamu merasa gagal, kamu harus ingat dengan tujuan utama kamu berkuliah. Kamu harus memotivasi diri kamu sendiri bahwa setiap orang sukses pasti diawali dengan kegagalan.

 

Penulis:

Latif Munawar

Universitas Moestopo (Beragama)

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Ada Penolakan, Aturan Taksi Online Tetap Berlaku 1 Februari 2018
Artikel Selanjutnya
Abraham Samad: Bibit Korupsi Bisa Tumbuh pada Anak Usia Dini