Sukses

Tak Ingin Membebani Orangtua, Bocah Sakit Kanker Minta Mati Saja

Liputan6.com, Jakarta Seorang gadis berusia 7 tahun di Provinsi Heilongjiang, Tiongkok, telah menyentuh hati warganet karena permintaannya. Bocah itu meminta pengobatan kankernya dihentikan karena tak ingin semakin membebani keluarganya.

Zhang Jiaye, didiagnosis menderita leukemia pada Mei 2016. Ia mengungkapkan keinginannya tersebut dalam sebuah surat pada ayahnya yang menjadi viral.

Keluarga tersebut jatuh dalam utang yang begitu banyak setelah menghabiskan lebih dari 92 ribu dolar atau lebih dari Rp 1 miliar untuk 18 sesi pengobatan. Menurut The Paper, sang ibu meninggalkan keluarganya pada Juli 2017, tak pernah kembali meski tahu buah hatinya menderita.

"Ayah, aku melihatmu menangis hari ini. Aku sangat sedih. Aku tahu Ayah telah menghabiskan banyak uang untuk mengobatiku. Ayah kehabisan uang, ibu juga pergi. Ini semua karena aku. Jika aku pergi, ibu akan kembali dan Ayah akan bahagia seperti sebelumnya. Aku tak ingin pengobatan lagi. Mari kita pulang, Yah."

Demikian isi surat tersebut seperti dikutip dari South China Morning Post.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uluran tangan warganet

Surat Zhang menyentuh hati warganet dan membuat mereka tergerak untuk membantu keluarga tersebut. Sejauh ini, warganet telah mengumpulkan lebih dari 93 ribu dolar atau lebih dari Rp 1,3 miliar dalam bentuk sumbangan.

"Saya membaca keseluruhan cerita itu dengan berurai air mata," tulis seorang warganet.

"Sangat menyakitkan bagi orang tua untuk melihat penderitaan anak-anak mereka. Ini bahkan nyaris membuat putus asa karena kemiskinan mereka," tulis warganet yang lain.

Zhang saat ini masih berada di rumah sakit untuk penyembuhan. Sementara ayahnya, berjanji untuk terus berjuang agar anaknya bisa kembali sehat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.