Sukses

6 Fakta Unik tentang Pusar, Luka Pertama yang Dialami Semua Orang

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti memiliki pusar di area perut mereka. Selain itu, bentuk pusar ternyata juga bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Mungkin banyak orang belum tahu banyak mengenai fakta unik dari pusar. Melansir Shared, Selasa (23/1/2018) berikut ini merupakan sejumlah informasi menarik tentang pusar yang ada dalam tubuhmu.

1. Pusar merupakan luka pertama yang dialami oleh semua orang

Pusar yang kamu miliki terbentuk dari luka akibat pemotongan jaringan tali pusar yang terhubung dengan plasenta.

Saat kamu lahir, biasanya tali pusar sengaja dipotong untuk mempermudah proses persalinan bayi. Hasil dari pemotongan tersebut menyebabkan terbentuknya lubang pusar. Jadilah pusar sebagai luka pertama yang dialami semua orang.

1 dari 4 halaman

2. Hanya 10 persen orang yang mempunyai bentuk pusar yang keluar

Tipe bentuk pusar bisa terbagi menjadi dua yakni bentuk yang menonjol keluar 'outer' dan bentuk pusar yang masuk ke dalam 'inner'.

Jika kamu memiliki bentuk pusar yang keluar, jangan malu karena kamu termasuk orang yang langka. Diperkirakan hanya terdapat 10 persen orang yang memiliki bentuk pusar 'outer' di dunia.

3. Tipe bentuk pusarmu hanya bisa ditentukan di dalam kandungan

Untuk mempunyai bentuk pusar keluar atau masuk, sebenarnya tergantung pada pertumbuhan kulitmu ketika masih di dalam kandungan.

Kulit yang tumbuh berlipat masuk atau keluar di area tali pusar, punya pengaruh besar terhadap bentuk pusarmu.

2 dari 4 halaman

4. Bentuk pusar pada wanita hamil bisa berubah

Rahim dapat melebar karena hamil, karena perut mengalami perubahan dan menjadi lebih besar hal ini juga mempengaruhi pusar sang ibu. Dari bentuk 'innie' atau masuk ke dalam, dapat berubah menjadi bentuk 'outer' atau bentuk keluar.

Hal ini juga dapat membuat ibu hamil merasa tak nyaman ketika mengalami kehamilan awal mereka, apalagi pada saat proses kehamilan kulit terasa lebih sensitif.

5. Bisa digunakan untuk operasi payudara

Tenyata pusar bisa menjadi salah satu cara untuk menempuh operasi pembedahan payudara. Operasi dilakukan dengan sayatan dari pusar. Sehingga luka yang terjadi ketika operasi hanya terletak pada bagian pusar, bagian payudara tak mengalami luka sama sekali.

3 dari 4 halaman

6. Ada ribuan bakteri yang bisa bersarang di dalamnya

Menurut para tim peneliti yang menguji 60 pusar orang, mereka menemukan lebih dari 2 ribu lebih bakteri yang menetap dalam pusar. Masing-masing orang bisa memiliki 67 tipe bakteri di dalamnya.

Jika bagian pusar jarang dibersihkan, hal ini dapat menyebabkan bau busuk dan infeksi. Jadi jangan lupa bersihkan pusarmu agar terhindar dari sarang kuman dan bakteri ya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

Artikel Selanjutnya
Tebak Jenis Kelamin Bayi Cukup Lihat Bentuk Perut Saat Hamil?
Artikel Selanjutnya
Sebelah Kanan Usus Buntu, Sakit Perut Sebelah Kiri Awas Ginjal