Sukses

Pramuka: Gempa, Ini 4 Hal yang Harus Kamu Lakukan

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki titik gempa yang tersebar hampir di seluruh nusantara. Tepatnya, Indonesia berada di antara lempeng tektonik Eurasia dan Indo-Australia. Selain itu, Indonesia juga berada di cincin gunung api.

Kedua hal itu membuat Indonesia menjadi negara yang rawan gempa. Karena itulah, sudah seharusnya masyarakat mengetahui apa yang harus dilakukan bila gempa terjadi.

Bukan panik dan lari berhamburan, warga justru seharusnya tenang saat gempa terjadi. Selain itu, ada beberapa tindakan yang harus dilakukan saat gempa terjadi agar Anda selamat.

Di bawah ini, terdapat rekaman yel-yel tindakan yang harus dilakukan saat menghadapi gempa dari Kwarnas Gerakan Pramuka bidang Kominfo. Meski berupa yel-yel, kata-katanya gampang dihafal.

"Video tindakan yang harus dilakukan saat gempa dari Pramuka ini penting untuk Anda. Semoga membantu saat mengalami gempa," kata Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka bidang Kominfo, Hariqo Wibawa Satria kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (23/1/2018).

Berikut yang harus dilakukan saat gempa terjadi:

1. Lindungi kepala

Melindungi kepala adalah suatu keharusan saat gempat terjadi. Baik saat Anda menuju tempat berlindung atau ketika Anda keluar dari gedung saat gempa terjadi.

Lindungi kepala dengan buku atau benda apapun yang cukup tebal saat gempa terjadi adalah langkah awal menyelamatkan diri.

2. Hindari kaca-kaca

Tak hanya kaca gedung, Anda juga harus menghindari kaca di lemari, kaca hiasan dinding, dan segala jenis kaca yang bisa melukai Anda.

 

1 dari 2 halaman

3. Masuk ke kolong meja

Bila Anda berada di gedung yang tinggi dan tak sempat menyelamatkan diri ke bawah, berlindung di bawah kolong meja adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan. Anda juga harus memegangi meja tempat Anda berlindung agar tidak bergeser atau tidak melindungi Anda dengan baik.

4. Keluar ke alam terbuka

Setelah Anda berhasil keluar dari gedung/ruangan, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah berada di tempat terbuka. Tentu saja tujuannya agar melindungi Anda dari tertimpa bangunan, tiang, atau lainnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Top 3 News Hari Ini: Fakta di Balik Isu Gempa terkait Gerhana
Artikel Selanjutnya
Guncangan di Banten dan Aceh, Gempa Susulan Kemarin?