Sukses

Ajaib, 5 Penyakit Ini Bikin Pengidapnya Punya Kekuatan Super

Tahukah kamu bahwa seseorang bisa seolah mendapatkan kekuatan super dari penyakit yang dideritanya?

Liputan6.com, Jakarta - Siapa pun pasti ingin punya kekuatan super. Akan tetapi, banyak orang menganggap bahwa kekuatan super hanya mitos belaka. Namun, tahukah kamu bahwa seseorang bisa seolah mendapatkan kekuatan super dari penyakit yang dideritanya?

Buat kamu yang menderita sebuah penyakit, janganlah berkecil hati. Faktanya, terdapat sejumlah penyakit yang justru bisa membuatmu terlihat memiliki kekuatan super yang jarang dimiliki orang lain. Seperti lima penyakit "pemberi kekuatan super" berikut ini. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. Hyperthymesia

Penyakit hyperthymesia adalah gangguan neuropsikologi yang sangat langka. Pengidapnya memiliki ingatan prima dan tidak bisa melupakan semua hal yang pernah terjadi semasa hidup, mampu mengingat segala hal secara detail seperti nama, tanggal, kejadian, waktu bahkan warna baju yang dikenakan dirinya atau orang lain.

Kelemahannya, pengidap penyakit ini tidak bisa mengontrol hal-hal yang tidak ingin diingat, seperti kejadian buruk masa lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Congenital Analgesia

Saat seseorang merasakan kebal meski badannya luka dan berlumuran darah, bisa jadi ia mengalami congenital analgesia. Penyakit ini adalah gangguan dan kemunduran sistem saraf yang membuatnya kehilangan rasa sensasi dari luar.

Pengidap penyakit ini tetap bisa merasakan tekanan dan sentuhan. Namun ia tidak bisa merasakan sakit ataupun perubahan suhu pada tubuh. Perlu diingat, pengidap congenital analgesia memerlukan penanganan medis serius terlebih saat ia mendapatkan luka yang mengancam nyawa.

3 dari 5 halaman

3. Urbach Whiete Disease

Penyakit ini berupa kelainan genetik di mana amydgala di otak yang berbentuk serupa biji almond rusak, diperkirakan karena tidak adanya reaksi terhadap rasa takut. Banyak orang berpikir bahwa tidak memiliki rasa takut adalah sebuah kelebihan.

Faktanya, fungsi rasa takut berperan sebagai alarm diri supaya bisa mengantisipasi sesuatu yang akan terjadi dan membentuk pertahanan diri agar selalu waspada.

4 dari 5 halaman

4. Hypertrichosis

Disebut dengan penyakit "werewolf syndrome," pengidap hypertrichosis mengalami kondisi medis melalui tumbuhnya rambut di bagian tubuh yang tidak lazim. Kondisi ini berpotensi membuat penderitanya malu karena memiliki tampilan fisik berbeda dengan orang lain.

Fakta lainnya, rambut akan terus tumbuh meskipun penderitanya memotongnya karena hypertrichosis disebabkan oleh faktor keturunan, bahkan penyebab lainnya baru diketahui bisa juga karena terapi anti-kebotakan yang pernah dilakukan penderita.

5 dari 5 halaman

5. Savant Syndrome

Pengidap savant syndrome ditandai dengan beberapa ketidakmampuan fisik atau mental, namun memiliki kemampuan luar biasa di bidang tertentu seperti musik, seni visual, dan matematika.

Para ahli percaya, penderita savant syndrome memiliki kemampuan memori yang sangat baik. Hal ini dibuktikan oleh Stephen Wiltshire yang mampu menggambar lanskap kota London secara detail meskipun ia hanya melihatnya dalam sekali penerbangan saja.

(Ul)

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/gokil/penyakit-seolah-memberi-kekuatan-super/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.