Sukses

Sparko, Olahraga Jenis Baru Ala Kopassus

Liputan6.com, Malang Beberapa bulan terakhir Sparko marak diperbincangkan di media sosial Instagram. Sparko merupakan singkatan dari Spartan Komando. Sparko adalah jenis olahraga bergaya militer. Awalnya jenis olahraga ini diterapkan hanya kepada para prajurit Kopassus saja, namun saat ini, semua kalangan masyarakat bisa merasakan olahraga ala kopasus. Sparko memiliki berbagai jenis gerakan, mulai dari jogging, push up, sit up dan juga renang.

Di Malang kehadiran Sparko terbilang baru, namun perkembangannya cukup pesat. Awal bulan Januari 2018 Sparko Malang baru terbentuk dibawah naungan Mayor Inf. Eka Wira King Of Sparko. Peminat yang datang setiap minggunya semakin meningkat. Dari minggu pertama yang hanya 7 orang saja, saat ini sudah mencapai 135 anggota yang terdaftar di minggu ke empat bulan Januari.

1 dari 3 halaman

Olahraga ini tidak Dipungut Biaya Apapun

“Sparko di Malang rutin diadakan setiap minggu pukul 08.00 pagi di Lapangan Rampal, Malang. Tidak dipungut biaya apapun dan terbuka untuk semua kalangan," ujar Serda Ridho selaku pelatih Sparko Malang.

Olahraga Sparko dinilai lebih efektif menurunkan berat badan, karena gerakan yang dijadikan latihan hampir mirip seperti olahraga Kopassus. Meskipun olahraga ini terbilang berat, akan tetapi Sparko banyak digandrungi anak muda karena selain berolahraga, mereka bisa berkumpul dengan anggota komunitas.

2 dari 3 halaman

Komunitas Sparko Telah Tersebar Diseluruh Indonesia

Sparko sudah memiliki 34 cabang yang tersebar diseluruh Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia. Di Malang ada 4 pelatih, di antaranya Mayor Inf. Sumardi Paraduta, Serka Jator, Serda Muhammad Ridho, dan Serda Nanda Saputra. Dengan adanya olahraga ini diharapkan bisa mewujudkan masyarakat Malang yang sehat dan terhindar dari narkoba terutama bagi para remaja yang menjadi generasi penerus bangsa.

 

Penulis:

Astri

Universitas Brawijaya Malang

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Cerita Seniman Indonesia Ikut Ramaikan Singapore Art Week 2018
Artikel Selanjutnya
Aksi Kopassus Minum Darah Ular di Depan Menhan AS Disorot Dunia