Sukses

Serunya Acara Upgrading dan Gathering Relawan Pengajar PAY

Liputan6.com, Jakarta Komunitas Pecinta Anak Yatim Dhuafa Indonesia Tercinta (PAY & Do IT)  menggelar acara gathering dan upgrading untuk para relawan pengajar rumah belajar binaan PAY. Kegiatan ini  dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 13-14 januari 2018 yang berlokasi di Pondok Yatim Seribu Pulau Bekasi. Bekerjasama dengan komunitas dongeng ceria dan Sekolah Guru Indonesia ( SGI) Dompet Dhuafa.

Di hari pertama para pengajar mendapatkan pengalaman berdongeng dari komunitas dongeng ceria, relawan juga dituntut harus bisa mempraktekkan di hadapan para pengajar lain. Beberapa pengajar yang dipilih juga harus mampu menunjukan kemampuannya. Selain itu, para pengajar juga  mendapatkan tips dan trik agar tidak grogi atau demam panggung di hadapan adik-adik atau muridnya.

1 dari 3 halaman

Acara ini Bekerjasama Dengan Sekolah Guru Dompet Dhuafa Indonesia

Dihari kedua selain dari Komunitas Dongeng Ceria, PAY juga bersinergi dengan Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa (SGI). SGI mengirimkan dua pengajar yang  tentunya sudah berpengalaman di bidangnya. Mengambil tema "Pembuatan Media Belajar Kreatif", para pengajar berbaur dan dipilih acak berdasarkan permainan yang dibuat sebelumnya.

Dari lima puluh pengajar dibuat menjadi sembilan kelompok yang  masing-masing mendapatkan tugas membuat media belajar kreatif  dan mewakili mata pelajaran yang ada dalam lingkup sekolah adik-adik. Baik dari segi audiovisual ataupun pemanfaatan barang bekas ataupun limbah sampah yang bisa didaur ulang.

2 dari 3 halaman

Acara ini Bertujuan Untuk Bertukar Ide dan Kreativitas

Selain itu, para pengajar juga diajarkan berbagai macam ice breaking yang biasa digunakan untuk mencairkan suasana atau mengkondisikan diri untuk  menjadi pusat perhatian saat peserta lain mulai tidak kondusif. Ini cukup efektif untuk di terapkan kepada adik-adik karena dengan begini, susana akan lebih hangat dan cair. Bisa dengan melakukan tepuk-tepuk berirama ataupun nyanyian dan games yang mudah dipahami oleh adik-adik.

Tujuan diadakannya upgrading dan gathering relawan adalah untuk memudahkan para pengajar saling bertukar ide dan kreativitas serta saling mengenal satu sama lain pengajar binaan PAY, menambah wawasan dan ilmu serta ajang silahturahmi relawan. Berikut nama rumah belajar binaan pay sudah aktif berjalan diantaranya Rumah Manfaat Pay Kamal, Majelis Taklim Laskar Langit, Rumah Belajar Muara Bahari (Rumah lebah Pay), Rumah Edukasi dan Kreatif Anak Parung (Rekap) dan Sanggar Pijar Bekasi. Kedepan semoga rumah belajar ini bisa lebih menjangkau daerah yang lebih luas lagi. 

 

Penulis:

Astika

Sahabat liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Cerita Seniman Indonesia Ikut Ramaikan Singapore Art Week 2018
Artikel Selanjutnya
Mau Dapat Modal Usaha Rp 25 Juta? Yuk Ikut Kompetisi Ini