Sukses

Masih Dipercaya, Ternyata 5 Mitos Luar Angkasa Ini Hoax

Luar angkasa memang banyak menyimpan mitos dan misteri yang belum terpecahkan.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu berpikir bagaimana rasanya berada di luar angkasa? Atau mungkinkah suatu hari nanti manusia dapat menjelajahi luar angkasa seperti yang ada di film science fiction?

Luar angkasa memang banyak menyimpan mitos dan misteri yang belum terpecahkan. Sebagian dari cerita-cerita itu ternyata hanyalah mitos belaka. Berikut lima mitos luar angkasa yang perlu kamu tahu.

1. Manusia Bisa Beku di Luar Angkasa

Manusia bisa beku di luar angkasa hanyalah mitos yang ada di film-film. Faktanya, kamu akan merasakan kepanasan terlebih dahulu menggelembung seperti balon. Itu karena panas di dalam tubuh kamu tidak dapat berpindah.

Hal itu dapat terjadi karena di luar angkasa tidak terdapat udara (hampa), jadi panas di dalam tubuh kamu tidak tersalurkan dan yang ada kamu justru akan makin kepanasan terpapar sinar matahari dan akhirnya dapat menyebabkan kematian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Bulan Punya Area Gelap

Mitos mengenai Bulan punya area gelap adalah mitos belaka yang dikarang-karang. Karena kamu bisa melihat sendiri bulan dengan jelas saat purnama kalau Bulan memang memiliki noda-noda hitam. Faktanya, noda hitam tersebut sebenarnya sisi terjauh Bulan yang tidak terpapar sinar matahari karena rotasi antara Bumi dan Bulan yang terjadi.

3 dari 5 halaman

3. Matahari Berwarna Kuning

Jika kamu pernah mewarnai Matahari dengan warna kuning sewaktu kecil maka kamu salah besar. Warna asli Matahari adalah putih. Itu karena atmosfer yang ada di Bumi. Yang aslinya Matahari berwarna putih, menjadi terlihat berwarna kuning.

4 dari 5 halaman

4. Terbang Melalui Asteroid Berbahaya

Mitos yang satu ini pasti kamu sering melihat di film-film sci-fi yang berada di luar angkasa yang terbang di sekumpulan asteroid yang berbahaya. Padahal sebenarnya jika kamu terbang di antara sekumpulan asteroid, kamu tidak akan menyadarinya sama sekali karena menurut sains asteroid sebenarnya tidaklah padat. Jadi, kamu tidak akan menyadari kalau kamu sedang terbang di antara kumpulan asteroid.

5 dari 5 halaman

5. Merkurius Planet Terpanas

Kamu pasti berpikir Merkurius merupakan planet terpanas di Galaksi Bima Sakti karena jaraknya paling dekat dengan Matahari. Jika ya, kamu salah besar. Fakta sebenarnya adalah Merkurius tidak memiliki atmosfer sehingga panas yang diterima dari matahari akan langsung terpantul.

Sementara Venus menjadi planet terdekat kedua yang memiliki atmosfer yang dipenuhi dengan kandungan zat karbon dioksida membuat pancaran gelombang panas yang masuk ke planet ini menjadi terperangkap yang menyebabkan permukaan planet ini menjadi sangat panas.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/gokil/mitos-ruang-angkasa-yang-ternyata-hoax/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mitos adalah suatu kisah berlatar belakang masa lalu dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang menceritakannya dan pengikutnya.

    Mitos

  • Luar Angkasa