Sukses

Perhatikan, 5 Tanda Ini Bisa Berarti Kanker Pada Kulit

Melanoma atau kanker kulit tak boleh sampai diabaikan. Oleh karena itu, yuk kenali lima tanda yang muncul pada kulit yang patut diwasapadai.

Liputan6.com, Jakarta Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan. Tanda-tandanya kerap kali tak kita sadari sehingga penanganannya terlambat. Salah satu kanker yang perlu di waspadai adalah kanker kulit. Kanker ini bisa dideteksi dari perubahan pada kulit.

Jika tiba-tiba muncul bintik dan tahi lalat, jangan sampai hal itu terabaikan karena bisa menyangkut pada urusan kesehatan dan nyawa kita.

Berikut ini merupakan cara untuk mengidentifikasi tanda-tanda yang tergolong kanker kulit, melansir Shared, Selasa (30/1/2018).

1. Asimetri

Perhatikan tanda yang muncul pada kulit. Jika tidak simetris tanda tersebut bisa dianggap sebagai kanker kulit. Credit: Cancer Network

Tahi lalat yang tiba-tiba muncul kerap ditandai sebagai kanker. Namun, tak selalu tahi lalat merupakan kanker. Cek melalui simetris atau tidaknya lingkaran yang muncul pada tahi lalat.

Jika tahi lalat simetris, atau lingkarannya sama kedua belah bagiannya maka kamu tak perlu terlalu cemas. Namun melanoma atau kanker kulit, ditandai dengan tahi lalat atau bintik noda dengan bentuk yang tak beraturan.

 

2. Tak ada batas

Tak ada batasan yang jelas pada munculnya tanda di kulit. Source: cancer.gov

Dalam lingkaran tahi lalat biasanya terdapat garis yang jelas dan tajam sedangkan, pada kanker kulit tidak menunjukan kriteria seperti itu.

Munculnya kanker kulit ditandai dengan noda bintik dan tahi lalat dengan ciri-ciri tanpa batas yang jelas rata. Terkadang batas bintik noda yang muncul pada kulit, bisa tercampur mengenai pigmen area kulit di sekitarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Warna

Warna pada bintik noda, atau jerawat pada kulit harus diperhatikan secara saksama. Hal itu disebabkan karena warna bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui ciri-ciri kanker pada kulit.

Jika warna yang muncul lebih gelap dan cenderung hitam, cokelat, kemerahan serta putih atau bahkan semua warna tersebut muncul dan bercampuran. Tanda tersebut bisa jadi berbahaya sehingga kamu harus segera mengkonsultasikan hal ini kepada dokter.

4. Diameter

 

Diameter pada bintik ataupun tahi lalat dalam kulit juga perlu diperhatikan. Source: Transplant Skin Cancer Network

Waspada jika bintik noda ataupun tahi lalat pada kulit mulai muncul. Jika semakin membesar, maka hal itu bukan menjadi tanda yang bagus.

Kamu bisa mengeceknya dengan mengukur diameternya. Apapun bentuk tahi lalat atau tanda lainnya berukuran lebih dari 1/4 inci atau 0.65 cm maka ada baiknya segera hubungi dokter.

 

3 dari 3 halaman

5. Berkembang

 

Bintik yang berkembang dan berubah semakin besar dan melebar bisa jadi tanda kanker kulit sehingga perlu di wasapadai. Source: American Academy of Dermatology

Tanda yang muncul dalam kulit jangan selalu dibiarkan. Apalagi jika tanda-tanda tersebut semakin melebar bisa jadi hal itu termasuk dari kanker kulit.

Kalau diabaikan hal ini bisa sama seperti sel-sel kanker pada umumnya yang bisa berkembang dan mempengaruhi jaringan lain pada kulit.

Saksikan Video pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.